.

 

Teknik Dasar Dalam Coreldraw 12

Tips teknik dasar dalam Coreldraw 12 dan yang salah satu perangkat software perancang desain dan grafis, Sekilas Tentang Corel Draw yang namanya diambil dari nama perusahaan yang mengembangkannya. Perusahaan dengan nama dagang atas produk ini merupakan salah satu perusahaan software terkemuka dari Kanada, yaitu Corel Corporation.

Aplikasi Corel ini banyak digunakan oleh mereka yang berkecimpung di dunia desain grafis, oleh sebab itu melalui berita terkini tentang teknik tutorial dasar corel draw untuk Anda para pemula yang baru dalam hal menggunakan aplikasi ini. Tapi sebelumnya anda terlebih dulu harus membeli software ini, kemudian menginstalasinya di komputer anda.

teknik-dasar-corel-draw-12
Interface pada Coreldraw 12
Interface adalah tampilan antarmuka semua fitur dan menu yang ada di lembar kerja. Interface mempunyai bagian-bagian penting di antaranya sebagai berikut :

1. Title bar

Ini adalah bagian paling atas dari jendela program coreldraw 12.

2. Menu bar

Menu ini adalah bagian yang posisinya berada tepat di bawah Title bar tadi. Di dalam menu ini terdapat semua menu perintah berdasarkan kategori persamaan fungsi. Ada menu file, edit, view, layout dan lainnya.
3. Toolbar

Bagian ini terletak di bawah menu bar. Di bagian ini terdapat ikon-ikon shortcut seperti; new, open, save, print dan sebagainya.

4. Toolbox

Toolbox letaknya vertikal pada sisi kiri jendela program. Menu ini berisi ikon semua tool atau alat yang bisa digunakan untuk membuat atau mengedit objek dalam sebuah desain.

5. Property bar

Bagian ini berfungsi untuk menampilkan semua properti parameter bantuan yang disesuaikan dengan tool yang sedang aktif di jendela program dalam aplikasi ini.

6. Color palette

Bagian ini berisi kumpulan warna yang dapat anda gunakan dalam desain berdasarkan mode warna tertentu, seperti CMYK, RGB dan lainnya. Letak menu ini ada di sisi kanan jendela program coreldraw 12.

7. Drawing page

Bagian ini disebut juga sebagai kanvas. Karena di sinilah anda nantinya akan membuat objek dalam desain.
8. Drawing window

Ini adalah area yang berada di luar Drawing page. Menu ini digunakan untuk meletakkan objek-objek sebelum disatukan dalam desain utama pada kanvas.

9. Docker

Docker adalah fasilitas bantuan yang bisa anda gunakan untuk menunjang pekerjaan desain. Docker berish pilihan-pilihan tambahan untuk memaksimalkan atau melakukan pekerjaan yang tak dapat dilakukan hanya dengan tool yang tersedia.

10. Status bar

Fasilitas ini letaknya di bagian paling bawah dari jendela program, yang fungsi utamanya untuk menampilkan keterangan mengenai berbagai hal yang tengah anda lakukan.

11. Document navigator

Bagian ini berfungsi untuk mengatur jumlah halaman dalam sebuah dokumen serta halaman yang sedang aktif dalam aplikasi.

Beberapa Tool Coreldraw 12 dan Fungsinya

Pick tool. Tool ini berfungsi untuk memilih suatu objek, juga dapat digunakan untuk mengubah ukuran dimensional, kemiringan dan rotasi.

Shape tool. Tool ini berfungsi untuk mengubah bentuk objek dengan mengedit titik-titik penyusun objek tersebut.

Knife tool. Tool ini berfungsi untuk memotong objek menjadi beberapa bagian.

Eraser Tool. Fungsinya untuk menghapus dan menghilangkan sebagian area objek yang dikenainya.

Smudge tool. Fungsinya untuk merubah bentuk objek dengan jalan mendistorsi area pinggiran objek.

Roughen tool. Fungsinya untuk mendistorsi bentuk objek menjadi bentu kasar pada area pinggirannya.

Free transform tool. Untuk mengubah posisi objek dengan empat pilihan perubahan. Yaitu free rotation, angle reflection, scale dan free skew. Yang kesemuanya mengarah pada objek utama.

Zoom tool. Berfungsi untuk mengubah perbesaran objek.

Pen tool. Berfungsi untuk membuat garis langsung. Lurus maupun lengkung.

Ellipse tool. Untuk membuat objek lingkaran atau elips dengan bebas berdasarkan area yang ditarik.

Polygon tool. Untuk membuat objek poligonal atau segi lima.

Spiral tool. Untuk membikin objek spiral.

Text tool. Untuk membuat teks. Baik teks sebaris atau pun paragraf.

Dan masih banyak tool- tool lain sesuai kegunaan dan kebutuhan dalam aplikasi ini.

Welcome Screen dalam Coreldraw 12

Secara otomatis, jendela welcome screen akan tampil saat pertama kalinya program coreldraw 12 diaktifkan. Menu ini menawarkan akses cepat ke beberapa fasilitas utama dalam pembuatan desain. Bagian-bagian vital dalam welcome screen adalah sebagai berikut :

1. New

Pilihan ini untuk membuat dokumen kerja baru untuk mendesain di dalamnya.

2. Recently used

Pilihan ini memungkinkan anda membuka secara kilat beberapa dokumen file yang paling akhir dibuat.

3. Open

Pilihan ini akan mengaktifkan kotak dialog open. Untuk membuka file yang disimpan dalam komputer. Pilih salah satu dan klik open. File tersebut akan muncul otomatis.

4. New from template

Pilihan ini dipakai untuk membikin satu dokumen berdasarkan desain template yang terpilih.

5. Coreltutor

Untuk menampilkan fasilitas tutorial dalam bentuk halaman website, yang mengajak anda untuk belajar teknik dasar penggunaan aplikasi.

6. What's new

Pilihan ini digunakan untuk mengakses menu help pada bagian what's new yang mengulas berbagai fitur anyar yang ditawarkan oleh aplikasi. Setelah mengetahui beberapa fungsi tool serta welcome screen, saatnya kita lanjut menuju ulasan selanjutnya.

Teknik Dasar dalam Coreldraw 12

Agar anda bisa mengoperasikan program ini dengan baik, terlebih dulu mempelajari teknik dasar program. Teknik ini mutlak harus dipahami bagi setiap pengguna, karena tak mungkin juga anda akan melakukan pembuatan desain yang berkualitas baik tanpa melewati unsur utama program ini. Di bawah ini adalah tata caranya :

1. Membuat dokumen baru

Untuk membuat dokumen baru, anda bisa memilih satu dari beberapa pilihan berikut.
Klik 'New' dari kotak dialog welcome screen.
Atau langsung saja tekan kombinasi tombol 'Ctrl + N' pada keyboard anda. Maka secara otomatis dokumen baru itu akan tercipta.

2. Mengatur setting dokumen pada aplikasi

Setelah anda bisa membuat dokumen kerja baru, saatnyalah mengatur setting dokumen berdasarkan kebutuhan kerja anda. Berikut tahapannya:

Pastikan tool yang sedang aktif adalah pick tool. Lihatlah bagian paling kiri property bar, yaitu bagian pemilihan paper size. Di situ anda akan menemukan ukuran kanvas. Pilih ukuran sesuai keinginan dengan mengeklik tanda segitiga hitam paper width.

Setelah ukuran kanvas ditentukan, beralihlah ke bagian sebelahnya, yaitu paper width and height. Bagian ini mengatur panjang dan lebar objek. Tinggal klik tanda segitiga hitam di sebelahnya. Dan tambahkan atau kurangi ukurannya. Setelah itu tekan enter pada keyboard untuk mengaktifkannya.

Berikutnya adalah bagian paper orientation yang berada di sebelah kanan paper width and height. Di sini terdapat dua pilihan, portrait dan landscape. Portrait untuk membuat orientasi kanvas tegak, sementara landscape mendatar.

Setelah itu lanjut ke bagian units, tepat di sebelahnya tadi. Pilihan ini dipakai untuk menentukan unit pengukuran yang dipakai pada dokumen kerja. Tinggal pilih dalam ukuran inci atau yang lain.

3. Menyimpan dokumen

Pilih menu file kemudian klik save as. Lalu simpan dokumen kerja tadi di komputer anda, setelah sebelumnya diisi dulu kotak dialognya.

4. Menutup dokumen kerja

Setelah selesai membuat dokumen kerja tadi, klik file lalu close. Atau klik ikon close di jendela dokumen tadi.
Membuat Objek-Objek Sederhana Menggunakan Aplikasi Coreldraw 12

Setelah beberapa tahap dasar sudah kita pelajari, saatnyalah kini mencoba membuat objek sederhana dari desain grafis.

Buatlah dokumen kerja baru, lalu atur setting dokumennya sesuai keinginan.

Selanjutnya kita akan membuat objek geometris terlebih dulu. Aktifkan rectangle tool pada toolbox, lalu tarik tool tersebut pada area kanvas. Maka objek geometris pun akan tampil di kanvas. Begitu seterusnya untuk membuat objek lain seperti ellips, polygon, bintang dan segitiga.

Itulah sekilah pengertian dalam memahami teknik dasar menggunakan  Coreldraw 12. Melalui berita trkini Anda bisa dapatkan info menarik lainnya.


 
 
 
Teknik Dasar Dalam Coreldraw 12 - Berita Terkini

Berita Terkini
Rebuild by Blogger Kota Bima My Work Jasa Pembuatan Toko Online dan Website Thanks to Blogger.Com