Contoh Gambar Rumah Minimalis

| comments

Rumah minimalis dengan beberapa contoh gambar rumah minimalis dari berbagai model desain rumah yang memang condong atau nampak kebentuk minimalis yang menunjukkan bentuk kesederhanaan dari sebuah rumah kecil yang elegan serta sedikit tips dalam mendesain sebuah rumah atau membangun model rumah minimalis Anda,

desain rumah minimalis.jpg

Rancang bentuk bangunan minimalis memiliki ciri khas penggunaan pola kotak-kotak persegi panjang dan garis-garis vertikal serta horisontal, misalnya pada bukaan seperti jendela-jendela serta ventilasi udara. Pada dinding bisa diberi aplikasi batu alam kotak-kotak persegi dengan warna-warna mencolok, atau hitam alami dan coklat. Desain demikian bisa menampilkan wujud bangunan yang indah, berkelas, penuh estetika, tetapi tetap ada dalam koridor konsep simpel.

Desain untuk rumah minimalis sebaiknya menghindari lekukan atau tonjolan yang melengkung. Bidang datar dengan bentuk kotak adalah pilihan yang tepat. Rumah minimalis pun biasanya dibuat tanpa teras, karena telah dilengkapi bukaan-bukaan lebar. Namun, jika pemilik menghendaki teras dan masih ada lahan yang tersedia, bisa dibuat teras yang bergaya tropis.

rumah minimalis type 4502.jpg

Garis-garis vertikal maupun horisontal mendominasi fasad bangunan minimalis. Sementara masalah pencahayaan dan sirkulasi udara memperoleh porsi cukup besar melalui pembuatan bukaan-bukaan berupa pintu-pintu, jendela-jendela, lubang ventilasi, atau penggunaan glassbox. Apabila sirkulasi udara dan cahaya berjalan lancar, rumah akan terasa lebih lapang dan tentunya lebih sehat.

Rumah minimalis dikenal memiliki gaya yang versatile, yaitu mudah berubah atau menyesuaikan diri. Dengan permainan unsur garis dan bidang, kombinasi material bangunan, ia bisa dikombinasikan dengan model-model rumah lain, di antaranya desain modern atau tropis.

rumah minimalis-1.jpg

Pembagian Ruang

Denah rumah adalah gambaran mengenai pembagian ruang dalam bangunan dilihat dari atas. Gambar ini akan memberikan informasi mengenai pembagian lahan, zona, dan ruangan sebuah rumah. Langkah pertama dalam membuat denah adalah menentukan zona di atas gambar tanah atau lahan.

Dalam sebuah hunian minimalis, kecermatan dalam memanfaatkan penggunaan setiap ruangan yang tersedia adalah hal yang mutlak. Pemilik rumah harus menentukan area servis (dapur, kamar pembantu, ruang cuci, tempat jemur), area publik (ruang tamu, teras depan, teras samping, halaman), area semi-publik (ruang keluarga, ruang makan), dan area privat (kamar-kamar tidur, kamar mandi) sesuai dengan luas ruangan yang tersedia.


rumah minimalis.JPG

Eksterior

Rumah dan pagar tentunya harus memiliki tema atau model yang serasi untuk memperkuat kesan yang ingin ditampilkan. Jika sebuah rumah dibangun dengan gaya minimalis, sebaiknya pagar pun mengikuti tema besar.

Bentuk pagar ideal bagi rumah minimalis biasanya sederhana dan simpel, tanpa ornamen ramai. Tren pagar untuk rumah minimalis adalah yang bermodel lurus-lurus, ramping, dan tanpa permainan bentuk. Apabila ada aksen biasanya hanya menggunakan pola-pola garis simetri, baik horisontal maupun vertikal sederhana, atau kombinasi dari keduanya. Sedangkan pemilihan warna pagar hanya berkisar pada warna-warna hitam, abu-abu, ataupun putih.

rumah minimalis-2.jpg

Semoga beberapa Contoh gambar rumah minimalis serta tips rencana bangun rumah moderen di atas bisa Anda jadikan Acuan dan bermanfaat. :D

Dari berbagai sumber
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright ©. Berita Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger