Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjaga Kesehatan

Menjaga daya tahan tubuh ataupun tentang kesehatan di musim hujan, tentunya lebih sulit dibandingkan di musim kemarau. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar daya tahan tubuh tetap terjaga, sehingga tetap sehat dan bebas dari penyakit.

Menjaga Kesehatan Tubuh.jpg
Ada pun hal-hal yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut.
1. Minum Air Putih

Walau pun musim hujan, tubuh tetap memerlukan cairan yang cukup, supaya kuat untuk menjalankan rutinitas seperti biasanya. Apalagi saat musim seperti ini, keringat akan sulit menguap karena tingkat kelembapan yang cukup tinggi. Untuk itu, perbanyak lah cairan, terutama air putih, supaya tubuh terhindar dari dehidrasi dan membunuh virus mau pun kuman penyebab penyakit.

Air putih sangat baik untuk dikonsumsi, karena mampu menjaga metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan, setiap harinya pasti kita melakukan berbagai aktivitas, sehingga memerlukan banyak air. Air tersebut bermanfat untuk memperlancar organ tubuh, seperti saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan saluran kemih.

Coba bayangkan, jika dalam tubuh kita tidak terisi air, aktivitas tidak bisa berjalan dengan baik, karena cairan yang diperlukan tubuh tidak ada.

Cairan lainnya yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh selain air putih, adalah green tea, teh jasmine, dan chamomile.
2. Konsumsi Sayuran Hijau

Selain perbanyak minum air putih, kita juga harus memperbanyak mengonsumsi sayuran hijau. Hal ini dikarenakan, sayuran hijau mempunyai nutrisi tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim hujan.

Sayuran hijau memiliki kandungan zat gizi alami yang sangat banyak. Selain kaya akan vitamin C dan A, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral, seperti zat besi, zat kapur, magnesium, dan juga fosfor.

Sayuran yang warnanya hijau tua mengandung sumber karetenoid (pigmen dalam tanaman yang terdapat di tumbuhan) terbaik dan tergolong penting untuk memerangi radikal bebas.

Kandungan lainnya yang terdapat di dalam sayuran hijau adalah antioksidan dan serat alami. Anbtioksidan dan serat alami tersebut berguna untuk menjaga kesehatan dan melancarkan saluran pencernaan. Dengan begitu, sisa-sisa metabolisme yang tidak berguna dapat dikeluarkan dari tubuh, sehingga tidak sempat mengendap dan menimbulkan penyakit.

Sebelum menyantap atau mengolahnya menjadi masakan, sayuran hijau terlebih dahulu harus dicuci sampai bersih dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh kita.

Mengonsumsi sayuran hijau mentah atau pun masak sama saja. Hal ini dikarenakan, vitamin dan gizi lainnya yang terdapat di dalam sayuran hijau tidak akan hilang meskipun telah diolah menjadi masakan.
3. Olahraga Ringan

Olahraga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Saat musim hujan tiba, kita harus tetap menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dengan olahraga ringan di rumah.

Di musim hujan, olahraga rasanya lebih baik dibandingkan hanya menghabiskan waktu dengan berdiam diri. Lebih baik kita lakukan gerakan olahraga yang ringan, seperti yoga, sit-up, atau olahraga dengan menggunakan alat fitness (bila di rumah terdapat alat fitness), supaya daya tahan tubuh tetap terjaga.
4. Mandi Setelah Terkena Hujan

Ketika kita kehujanan, sebaiknya jangan menunda-nunda untuk mandi jika tidak mau sakit di kemudian hari.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa mandi setelah terguyur air hujan akan memudahkan penyakit menyerang tubuh kita. Padahal dalam kenyataannya, menurut para ahli, jika kita terkena air hujan, segera lah mandi, supaya tubuh terlindung dari kuman dan bakteri.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan diam di ruangan ber-AC jika rambut masih basah karena kehujanan, karena hal itu dapat mempermudah bakteri masuk ke dalam tubuh. Ketika bakteri sudah masuk ke dalam tubuh, ancaman demam dan influenza tidak bisa terhindarkan lagi.

Perlu kita ketahui, ternyata mandi dengan air dingin lebih bagus dibandingkan air hangat. Dengan mandi air dingin, syaraf-syaraf dalam tubuh yang membuat kita merasa lebih segar akan “bangun.” Selain itu, mandi dengan air dingin bisa melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Hal ini lah yang membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat.
5. Jaga Kebersihan Rumah

Musim hujan identik dengan penyakit, salah satunya demam berdarah. Wajar saja, karena banyaknya genangan air yang disukai nyamuk untuk berkembang biak. Untuk itu, kita tidak boleh lupa membersihkan rumah lebih rajin di musim hujan. Kemudian. Jangan biarkan sampah menumpuk, karena akan menyebabkan aliran air tersumbat dan banjir tidak bisa terhindarkan lagi.
6. Cukup Istirahat

Menjaga daya tahan tubuh, bukan hanya dengan berolahraga, melainkan juga istirahat yang cukup. Tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup untuk membuat stamina kita kembali meningkat.

Waktu yang ideal untuk beristirahat sekitar 6-8 jam per hari. Kita harus bisa mengatur aktivitas dengan baik, sehingga bisa istirahat dalam waktu yang cukup. Dengan begitu, tubuh kita tetap sehat dan bisa melakukan berbagai aktivitas secara maksimal.
7. Mengatur Pola Makan

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam menjaga tubuh agar tetap sehat adalah pola makan. Dengan makan tepat waktu dan kompisisi yang lengkap,daya tahan tubuh kita tetap terjaga.

Hindari mengonsumsi makanan yang ada di pinggiran jalan. Hal ini dikarenakan, makanan yang dijual di pinggir jalan sangat mudah terkena polusi dan debu. Polusi dan debu yang menempel di makanan tersebut nantinya akan masuk ke dalam tubuh kita. Inilah yang membuat daya tahan tubuh kita menurun dan mudah terserang penyakit

Penuhi juga kebutuhan vitamin dan gizi lainnya dari berbagai sayuran mau pun buah-buahan. Jika perlu, bisa juga dengan mengonsumsi multivitamin.
8. Memakai Pakaian yang Kering

Di musim hujan, tentunya cucian akan sulit kering, karena hujan terus-menerus turun, sedangkan matahari seakan tak mau bersinar. Walau demikian, kita harus mencari cara lain agar cucian bisa kering secara sempurna.

Pakaian yang lembap tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan pakaian tersebut masih menyimpan air yang bisa menjadi sarag bagi bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Dapatkan Berita terkini tentang kesehatan menarik lainnya seperti Tips Ibu Hamil serta info menarik lainnya pada label yang ada di samping kanan blog.
Share it Please

Yuliana Ningsih

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI