Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Tentang Gaya Hidup Sehat

Kebutuhan gaya hidup sehat tidak lepas dari kebutuhan tubuh untuk bergerak. Bisa dikatakan dalam mejaga kesehatan, aktivitas bergerak sangat diperlukan jika Anda ingin sehat. Banyak bergerak berarti membantu tubuh melancarkan metabolisme. Orang yang cenderung kerap beraktivitas di belakang meja dan jarang bergerak, kemungkinan memiliki banyak risiko kesehatan.

Contohnya, kolesterol dan lemak lain yang tersimpan dalam tubuh, tidak bisa langsung terpakai. Timbunan lemak semakin menumpuk di tubuh.
Sementara itu, dalam kasus lain, orang yang banyak duduk berpotensi mengalami masalah ginjal. Risiko bertambah tinggi jika sering kurang minum. Sebuah studi juga mengatakan, orang yang lebih banyak duduk bisa terserang emboli paru. Jadi, kalau memang ingin menerapkan gaya hidup sehat, beraktivitas fisik harus dijadikan kebiasaan.

Gaya Hidup Sehat.jpg
Aktivitas fisik tidak hanya berhenti pada olahraga. Ini meliputi berbagai aktivitas yang melibatkan tubuh untuk bergerak. Untuk orang yang bekerja di belakang meja, menyempatkan waktu sementara untuk berdiri dan berjalan-jalan di sekitar tempat kerja mungkin bisa dipertimbangkan. Atau, Anda yang tiap hari lebih sering bekerja dengan terjun ke lapangan, itu sudah mendukung gaya hidup sehat. Sementara untuk berolahraga, sesuaikan dengan kemampuan fisik untuk menimbang jenis olah raga yang Anda lakukan.
Gaya Hidup Sehat dengan Pola Makan Sehat

Mengontrol makanan itu perlu. Menakar makanan yang masuk ke perut bukan hanya tentang porsinya. Dalam gaya hidup sehat, pemilihan menu yang sehat juga perlu disusun agar diperoleh nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Setiap orang punya kebutuhan nutrisinya sendiri yang berbeda dengan orang lain.

Soal porsi makan, hal yang perlu diperhatikan adalah asupan kalori. Dalam gaya hidup sehat sebaiknya bisa menyeimbangkan antara kalori yang masuk dengan yang terpakai. Oleh karena itu, perhatikan asupan kalori yang dibutuhkan tubuh dengan aktivitas harian. Kebutuhan kalori pekerja lapangan lebih besar dibanding karyawan kantor yang banyak di belakang meja. Porsi yang dibutuhkan masing-masing juga beda.

Kalau dilihat dari komposisinya, kebutuhan karbohidrat sekitar 60-70 persen. Sementara untuk protein 10-15 persen, dan lemak 20-25 persen. Sisanya, lengkapi dengan kebutuhan vitamin dan mineral. Penting juga untuk diperhatikan, lebih baik makan seperlunya dan teratur, dibandingkan makan porsi besar tapi jarang

Terkait pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi, tetap harus memerhatikan kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi spesifik. Jangan lupakan untuk mengonsumsi serat dari buah dan sayuran.

Pastikan semua dikonsumsi secara tepat. Salah satu indikator telah berhasil menerapkan gaya hidup sehat dari sisi makanan adalah indeks massa tubuh (body mass index) berada dalam poin yang normal, yaitu antara 19-25. Meski begitu, indikator kesehatan lain juga perlu dilakukan check-up, seperti gula darah, tekanan darah, kadar kolesterol, dan sebagainya.
Olahraga Sebagai Bagian Gaya Hidup Sehat

Olah raga menjadi salah satu bagian dari gaya hidup sehat, terutama untuk urusan hidup penuh gerak. Berolahraga berarti memberikan sebagian porsi waktu dalam 24 jam untuk melakukan gerakan tertentu bagi tubuh. Pilihan berolahraga sangat banyak. Mulai dari yang paling murah, yaitu jalan dan lari, hingga yang perlu mengeluarkan duit seperti golf.

Sebenarnya waktu yang diperlukan untuk melakukan gaya hidup sehat satu ini cukup singkat. Para ahli menganjurkan, sebisa mungkin dalam satu hari berolahraga minimal 30 menit. Hitungan waktu ini termasuk ditambah kegiatan lain yang memerlukan gerakan fisik.

Sementara itu dari info yang didapat oleh admin berita terkini, seorang ilmuwan dari Taiwan memberikan patokan minimal waktu berolahraga lebih singkat lagi. Anjuran berolahraga bukan lagi 30 menit per hari, tetapi cukup 15 menit tiap hari untuk mendapatkan umur tiga tahun lebih lama. Chi Pang Wen, peneliti dari Lembaga Penelitian Kesehatan Nasional Taiwan, mendapatkan hasil ini setelah memelajari kondisi fisik 416 ribu relawan selama 13 tahun. Dengan hasil ini, tentunya menerapkan gaya hidup sehat dari jalan berolahraga semakin mudah dilakukan.

Namun, jangan sembarangan memilih jenis olah raga. Faktor umur, fisik, dan riwayat kesehatan harus dipertimbangkan. Sesuaikan olah raga menurut kemampuan. Memaksakan diri melakukan olah raga berat atau melakukannya dengan berlebihan, justru bisa mengakibatkan sesuatau yang fatal. Bukan gaya hidup sehat yang didapatkan, namun jalan menuju kematian.

Kasus beberapa artis yang meninggal saat berolahraga bisa menjadi pelajaran. Penyebab serangan jantung sewaktu berolahraga dipicu oleh peningkatan ritme detak jantung dan tekanan darah. Pada orang yang jarang berolahraga atau dalam tubuhnya terkandung kolesterol tinggi, kondisi itu bisa memicu serangan jantung mendadak.

Olahraga yang baik adalah yang terukur sesuai kemampuan pelakunya. Sekali pun berolahraga menjadi bagian gaya hidup sehat, untuk melakukannya juga butuh perhitungan. Barangkali untuk amannya, konsultasikan masalah jenis pilihan olahraga kepada dokter Anda.
Depresi Bukan Bagian Gaya Hidup Sehat

Pikiran yang tertekan menjadi penghalang dalam penerapan gaya hidup sehat. Pasalnya, efek stres berlebihan yang berujung pada depresi, bisa memengaruhi berbagai langkah sehat yang sudah rutin dilakukan. Penyakit mental ini memberikan sugesti bagi tubuh untuk menolak ajakan merapkan gaya hidup sehat.

Depresi menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol yang membuat rusak memori otak saat jumlahnya sudah jauh di ambang batas normal. Kekebalan tubuh ikut menurun, detak jantung meningkat, dan tekanan darah menjadi tinggi.

Selain itu, hormon stres bisa memicu organ hati untuk memproduksi gula darah berlebih. Akibatnya, risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 akan menghadang. Belum lagi efek bagi otot. Sistem muskuloskeletal ikut kena imbasnya yang mengakibatkan keluhan sakit di kepala, leher, pundak atau punggung. Hal ini jelas mengganggu program gaya hidup sehat.

Sementara itu, jalan terbaik untuk mengatasi depresi adalah relaksasi. Stres dalam kadar ringan itu perlu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, saat kadarnya meningkat, perlu saatnya untuk mengambil waktu menyibukkan diri dengan hal-hal yang disukai. Ini akan mengurangi tingkat stres. Hanya saja, tetap salurkan relaksasi ini dengan kegiatan yang positif.

Gaya hidup sehat dengan memerhatikan kebaikan kondisi mental ini akan memiliki efek domino untuk memperlancar langkah sehat lain yang sudah ditempuh. Perpaduan harmonis antara pola makan sehat, gaya hidup penuh gerak, dan kondisi mental sehat, akan membuat Anda berada dalam kondisi tubuh yang optimal.

Jika konsisten menerapkannya, berbagai godaan yang tidak sehat masa kini bisa ditangkal. Lakukan gaya hidup sehat dari sekarang untuk kebaikan menjalani hidup di masa tua.
Gaya Hidup Sehat dengan Shalat

Akan ada suatu masa di mana perkataan Allah melalui firman-Nya di Al-Quran terbukti. Dan hal itu terjadi sekarang. Banyak rahasia-rahasia dalam Al-Quran dibuktikan dengan ilmu pengetahuan, contohnya proses terciptanya alam semesta.

Melaksanakan perintah shalat wajib hukumnya bagi seorang muslim yang berusia baligh dan berakal. 17 rakaat yang wajib dilaksanakan sehari semalam sering kali terasa berat, apalagi bila ditambah shalat sunnah lainnya. Padahal selain berisi kewajiban, Allah memberikan hikmah yang luar biasa besar melalui shalat untuk kebaikan manusia, salah satunya menciptakan gaya hidup sehat.

Manusia seringkali mengeluarkan biaya yang besar demi hidup sehat, membayar iuran yang cukup besar di pusat kebugaran, mengeluarkan biaya lebih untuk konsumsi makanan organik, mengucurkan dana ekstra untuk berbagai suplemen penunjang kesehatan. Padahal dengan melakukan shalat secara teratur, benar dan ikhlas merupakan sebuah gaya hidup sehat yang berbiaya murah.

Shalat merupakan perwujudan dari gaya hidup sehat dengan beberapa alasan, antara lain :

Shalat dilakukan dengan penyatuan mind, body and soul. Dengan tercapainya kondisi khusyu dan kepasrahan yang mendalam pada yang Mahakuasa, sistem kekebalan tubuh manusia akan meningkat dan hormon pemicu stress (kortisol) akan menurun.



Shalat mensyaratkan kebersihan. Sebelum melakukan shalat terlebih dahulu disyaratkan untuk membersihkan diri dengan berwudhu. Badan yang segar akan membuat pikiran lebih tenang sehingga akan meningkatkan kekebalan tubuh. Penurunan jumlah kuman dalam tubuh juga menyebabkan peningkatan harapan hidup.



Gerakan-gerakan shalat mempunyai efek yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh. Hal ini dibuktikan secara ilmiah baik di dalam maupun luar negeri. Sebagaimana gerakan yoga yang sudah banyak diyakini mempunyai efek luar biasa terhadap kesehatan organ tubuh, gerakan shalat juga begitu. Manfaat gerakan shalat antara lain:



Gerakan takbir merupakan gerakan peregangan otot dada yang berdampak baik pada paru-paru dan jantung.

Gerakan ruku merupakan gerakan peregangan tulang belakang yang mempunyai fungsi vital bagi tubuh.

Gerakan I’tidal, yaitu bangun dari ruku memberikan sensasi pijatan pada organ pencernaan.

Gerakan sujud bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan. Pada saat bersujud, aliran darah akan mengalir ke otak sebagai organ paling rendah posisinya. Otak akan mendapat nutrisi secara maksimal sehingga dapat memaksimalkan kinerjanya.

Gerakan sujud melibatkan peregangan pada otot perut dan panggul yang berdampak baik pada organ reproduksi pada perempuan.

Gerakan duduk di antara dua sujud akan menyebabkan peregangan pada daerah paha dan panggul. Bagi perempuan gerakan ini sangat baik untuk kesuburan, demikian pula bagi pria karena terjadi pemijatan pada saluran kemih dan prostat.

Shalat sebagai bentuk integrasi dari gaya hidup sehat merupakan bukti bahwa Allah memperhatikan setiap aspek dari perintah-Nya untuk kebaikan manusia.
Share it Please

Yuliana Ningsih

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI