Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Cara Mempercepat Download

Jika ingin koneksi internetmu menjadi lebih cepat, ada sejumlah aspek yang patut menjadi perhatian. Misalnya tempat file yang ingin di download sebab pada umumnya server bisa mempengaruhi kecepatan dalam mengunduh file. Agar bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet, apakah untuk browsing, chatting, download lagu, gambar, video serta file lainnya tentunya membutuhkan kapasitas jaringan yang besar juga.

Cara cepat download sebenarnya tak sudah asalkan kita memahami sedikit cara menyiasatinya. Caranya adalah antara lain:

1. Melakukan Optimasi

Pada modem yang kita gunakan untuk berinternet, kita lakukan optimasi. Caranya yaitu dengan langkah-langkah berikut :
Mempercepat koneksi internet dengan modem:

Siapkan Modem yang biasa kamu pakai
Siapkan lilitan kawat tembaga. Biasanya kawat seperti ini banyak dijual di toko elektronik. Tapi kalau tidak ada pun, kamu bisa menggunakan kabel listrik bekas yang sudah dikupas plastik bagian luarnya atau isolatornya.
Lilitkan kawat tembaga tersebut padamodem. Di sini fungsi utamanya adalah sebagai penguat sinyal internet dan sebagai peredam panas dari modem. Manfaat lainnya adalah modem menjadi tahan lebih lamasehingga umur modem juga akan semakin awet. Sebab semakin kecil sinyal data internet yang didapat atau tersedia bisa membuat modem berkerja semkin keras. Karena modem memerlukan penggunaan daya listrik yang tambah lama tambah besar. Akibatnya panas modem bertambah.
Tips seperti ini sangat bermanfaat bagi kamu yang bertempat tinggal jauh dari lokasi tower atau menara BTS.

2. Melakukan settingan pada browser

Dengan melakukan settingan pada browser juga bisa berguna untuk mempercepat koneksi. Settingan ini bisa dilakukan pada HDSPA, modem EVDO, dan modem internet 3G.

Cara pertama adalah bertujuan untuk mempercepat koneksi internet. Sementara cara kedua berpengaruh untuk menstabilkan koneksi internet.
Kamu bisa memakai kedua cara di atas atau hanya menggunakan salah satunya saja.semua tergantung apakah kamu sudah mendapatkan kecepatan yang kamu inginkan.

3. menggunakan software Internet Download Manager (IDM).

Kalau belum punya, kamu bisa mendownload software IDM terbaru terlebih dahulu.

a. pengaturan Internet Download Manager

Bukalah Internet Download Manager-nya; – kemudian masuk ke Menu Downloads lalu pilih Options
pilih tab
‘Connection’ kemudian ubahlah ‘default max. conn. number’ dari 8 menjadi 16
Kini kita sudah selesai tahap pertama, yaitu mengubah pengaturan Internet Download Manager

b. Merubah jumlah Decimal Registry pada IDM (Internet Download Manager)

Buka pengaturan Registry , caranya : Run > Ketik “regedit”
kemudian munculah sebuah jendela ‘Edit Registry.’
Masuklah ke “HKEY_CURRENT_USER > Software > Download Manager.” Kemudian cari dan lihat di jendela sebelah kanan. Carilah String bertuliskan “Connection Speed”.
Lalu kliklah 2x pada String “Connection Speed”, lalu Ubah Settingan Base ke “Decimal”. Kemudian isikan angka ’2576980377′ pada kolom yang kosong.
Jika sudah, tekan “OK”.
Restartlah komputermu. Benar atau tidaknya tips ini, bisa kamu cobakan langsung pada komputermu masing-masing.

4. Menggunakan Browser Mozilla Firefox

Kalau kamu menggunakan browser mozilla firefox, maka kamu bisa menggunakan ads-on faster fox. Caranya adalah : dengan membuka mozilla browser -> tools -> ads-on lalu carilah ads on faster fox pada kolom pencarian lalu install. Fungsi dari plugin/ads-on mozilla ini adalah menyimpan halaman-halaman yang sering dikunjungi. Jadi jika di lain waktu kamu mengunjungi situs tersebut, maka akan lebih cepat loadingnya.

Settingan Mozilla Firefox yang digunakan berikut cara setting Mozilla Firefox agar lebih cepat adalah :

1. Bukalah Mozilla Firefox

Pada bagian address bar Firefox ketiklah about:config
Carilah kata-kata dibawah ini menggunakan bantuan ctrl+f kemudian rubah seperti kata –kata yang tercantum di sebelahnya.

Network.http.pipelining; False Network.http.pipelining.maxrequests; 4 Network.http.proxy.pipelining; False Setelah itu klik kanan pada bagian yang kosong atau putih lalu pilihlah new, integer kemudian isikan kolom pertama dengan nglayout.initialpaint.delay. Tekanlah enter satu kali lalu masukan angka 0 kemudian tekanlah enter kembali.
2. Restartlah browser mozila firefox mu

kecepatan download.jpg
Cara Cepat Download via IDM 2

Pertama-tama tentu saja kamu harus sudah menginstall IDM(Internet Download Manager) di perangkat komputermu. Kemudian ikutilah cara-cara berikut :

Bukalah IDM --> pilihlah menu Downloads --> klik Options.
Pilihlah tab Connections, rubahlah Max Default Conn. Number yang defaultnya bernilai 8 menjadi 16.

Nah, inilah cara pertama untuk meningkatkan kecepatan download. Yaitu dengan cara merubah pengaturan pada IDM-nya.

Cara kedua untuk meningkatkan kecepatan download adalah sebagai berikut:

Bukalah pengaturan registry. Dengan cara klik Start --> Run --> ketik "regedit" (minus tanda kutip) pada kotak Run lalu Enter.
Setelah pengaturan registry terbuka, pilihlah HKEY_CURRENT_USER --> Software --> Download Manager.

Kliklah pada folder Download Manager setelah itu akan muncul sejumlah pengaturan pada jendela sebelah kanan.

Carilah Connection Speed, kemudian kliklah 2 kali pada Connection Speed lalu ubah Base Value-nya dari sebelumnya Hexadecimal ke Decimal. Kemudian isikan angka 2576980377 pada kolom kosong tersebut. Setelah itu klik OK.

Setelah langkah-langkah tersebut selesai, kamu bisa restart komputer kamu sekarang. Ibarat pepatah lama, tidak satu jalan ke Roma. Demikian pula dengan kiat-kiat mengatasi proses download yang lama. Jadi jangan langsung berputus asa hanya karena sistem yang belum ramah pada para masyarakat pengguna internet di negara ini. Setidaknya kita harus bersyukur punya teman-teman di dunia maya yang mau berbagi info dan tips-tips berita terkini saat kita memiliki masalah apa pun juga.
Share it Please

Yuliana Ningsih

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI