Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Cara Membuat Naskah Pidato Olahraga

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat ataupun menyusun naskah pidato Olahraga, perlu di ingat sekali lagi bahwa, konsep pidato sangat penting untuk menunjang kelancaran Anda saat menyampaikan materi pidato. Untuk contoh pidato, Anda bisa melihat Contoh Pidato Olahraga dari Tiap Event. Dan untuk membuat naskah pidato, ada tiga langkah sederhana yang perlu Anda perhatikan untuk membuat konsep pidato melalui langkah berikut.

Cara Membuat Naskah Pidato.jpg


1. Pembukaan Pidato

Hal utama dalam membuat naskah pidato adalah pembukaan. Pembukaan biasanya berisi ucapan salam yang selalu menjadi hal wajib dalam setiap pidato. Baik resmi maupun tidak resmi. Berikut ini merupakan beberapa poin penting yang disampaikan dalam pembukaan pidato.

Ucapan salam pada hadirin atau orang yang menghadiri dan menyaksikan pidato Anda.
Mengucapkan rasa syukur pada Tuhan.
Memberikan penghormatan atau sapaan pada tetua atau orang yang dituakan.
Menyapa hadirin.

2. Isi Pidato

Sebelum membuat konsep pidato, Anda harus mengetahui sasaran atau hadirin yang akan mendengarkan pidato. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam menentukan bahasa yang dapat dipahami serta sesuai dengan pola pikir orang-orang yang hadir. Ingat, tidak semua orang memiliki pola pikir sama. Jadi, gunakanlah bahasa yang cukup akrab dan sering digunakan.

Jangan sekali-kali memakai istilah asing jika pendengar tidak memiliki kemampuan untuk memahami hal itu. Jangan memikirkan gaya dan isi yang berkualitas tanpa menyesuaikan tingkat pemahaman pendengar. Satu hal yang harus Anda sadari bahwa pidato bertujuan untuk menyampaikan informasi penting yang harus diketahui pendengar.

Jadi, posisikanlah diri Anda sebagai orang yang “ramah” agar isi pidato, baik yang tersirat maupun tersurat, tepat sasaran.

3. Penutup Pidato

Setelah merampungkan isi, buatlah penutup pidato. Penutup pidato merupakan sebuah rangkaian kalimat yang mengisyaratkan bahwa pidato Anda sudah selesai. Hal yang sering disampaikan untuk mengakhiri pidato adalah ucapan terima kasih serta penghormatan pada hadirin. Lakukanlah pengakhiran seperti saat pembukaan. Jadikanlah ucapan syukur dan mengagungkan Tuhan sebagai kalimat akhir penutup pidato.

Itulah cara mudah membuat naskah pidato melalui berita terkini. Membuat konsep pidato tidaklah serumit yang dibayangkan. Anda hanya perlu membuat pembukaan, isi, serta penutup. Hal yang paling penting adalah mengetahui sasaran pidato Anda serta mengetahui topik yang harus disampaikan. Jika Anda sudah mengetahui materi yang harus disampaikan, mulailah membuat naskah pidato.

Satu hal yang harus diingat, kuasai materi pidato sematang mungkin agar tujuan pidato tersebut tercapai dan berjalan lancar.
Share it Please

Yuliana Ningsih

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI