Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Berbagai Macam Ungkapan Perasaan

Perasaan kita bisa diungkapkan dengan berbagai cara. Berbagai Macam Perasaan dapat diungkapkan melalui mimik wajah, gerak tubuh, perkataan, dan perbuatan. Mungkin kita memiliki alasan khusus dalam melakukannya atau dalam memilih waktunya. Seperti ketika kita merasa sangat bahagia, kita juga ingin orang lain merasa kebahagiaan seperti yang kita rasa. Atau kita sedang sedih. Kita ingin dia tahu bahwa kita sedang merasa sedih lewat ungkapan kesedihan hati yang dirasakan. Atau bisa jadi kita tidak memiliki alasan khusus. Kita hanya ingin berbagi perasaan dengan orang lain. Berikut beberapa versi ungkapkan perasaan :

gaya-ungkapan-perasaan

1. Ungkapan perasaan melalui mimik wajah

Mimik adalah ekspresi wajah, bagaimana wajah mengungkapkan rasa marah, senang, bahagia, dan perasaan lain. Kita dapat mengetahui bagaimana orang itu marah atau senang dengan melihat wajahnya saja. Karena wajah dapat mengeluarkan ekspresi dan luapan perasaan yang ada dalam hati seseorang.

Akan terlihat jelas dari wajah seseorang ketika ia sedih atau senang. Hal ini memang sangat mudah terindra dari luar. Wajah memang merupakan bagian tubuh kita yang gampang sekali terlihat. Wajah juga merupakan tempat kita untuk mengetahui apa yang dirasakan seseorang .

Seseorang terkadang memang mengungkapkan perasaannya melalui wajahnya. Ini memang dimaksudkan agar mempermudah orang lain untuk mengetahui apa yang sedang ia rasa. Di saat ia marah atau bahagia, dengan mudah ia akan membentuk mimik wajahnya sesuai dengan apa yang diinginkan. Kita memang diberikan kemudahan oleh Tuhan untuk dapat mengolah wajah kita, sehingga wajah kita dapat digunakan sebagai alat komunikasi dalam mengungkapkan perasaan.

Ketika kita sedang marah, maka wajah kita akan menunjukkan dahi yang mengkerut, mata yang sedikit melebar dengan raut pipi khas yang menunjukkan ekspresi kemarahan.

Lain halnya, ketika kita sedang berbahagia, wajah berseri dan tersenyum dengan sedikit membuka mulut dan tatapan penuh kebahagiaan. Atau kita pun dapat dengan mudah mengetahui seseorang yang sedang bersedih. Pipi cemberut, mata terlihat sayu, dan mungkin saja sedang menahan keluarnya air mata.

Demikianlah ungkapan perasaan melalui mimik wajah. Wajah telah menjadi alat komunikasi yang sangat efektif untuk mentransfer apa yang ada di dalam hati kita kepada semua orang yang ada di sekeliling kita, sehingga mereka dapat mengetahui apa yang kita rasa.

2. Ungkapan perasaan gerak tubuh

Ungkapan perasaan melalui gerak tubuh pun sangat mudah sekali untuk diindra oleh orang lain di sekitar kita. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa gerak tubuh adalah bahasa yang paling banyak digunakan dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Seseorang yang hanya menggelengkan kepala dapat dimengerti bahwa ia mengatakan tidak. Seseorang yang mengangkat pundaknya secara perlahan sudah dapat menggambarkan bahwa ia dalam keadaan tidak tahu-menahu tentang sesuatu hal.

Gerak tubuh atau yang banyak disebut dengan gesture memang hanyalah sebuah gerakan ringan dari tubuh kita. Tapi, dapat mengungkapkan perasaan yang memuat banyak arti. Terkadang kita tidak sengaja mengeluarkan gerak tubuh tertentu, tapi orang di sekeliling kita sudah dapat menerka-nerka perasaan yang kita alami pada saat itu. Walau pun mungkin sebenarnya kita ingin menutupi perasaan itu agar tidak diketahui oleh orang di sekitar kita.

3. Ungkapan perasaan melalui perkataan

Mungkin ungkapan perasaan inilah yang paling dapat dimengerti oleh rang lain dan paling banyak digunakan. Dengan perkataan yang lugas, sudah dapat mentransfer kepada orang lain tentang perasaan kita. Dan mungkin tidak akan terjadi kesalahpahaman dalam menterjemahkannya.

Perkataan adalah kata-kata yang keluar dari mulut kita. Walau pun tak selalu perkataan itu sesuai dengan apa yang ada di dalam hati karena terkadang sangatlah gampang bagi kita untuk berbohong atau menutupi perasaan dengan berkata yang tidak sebenarnya, tapi perkataan sangatlah mudah untuk dipahami.

Ketika kita sedih, tinggal bilang saja kalau kita sedih. Ditambah dengan mimik wajah sedih dan gerak tubuh yang menyatakan kesedihan, tentu sangatlah dapat diketahui bahwa kita memang sedang bersedih.

Perkataan tidaklah mutlak hanya berupa kata-kata saja. Perkataan selalu diiringi dengan nada, intonasi, dan gaya bahasa tertentu. Hal ini justru menambah kuat dari arti yang ingin kita sampai kepada orang lain.

4. Ungkapan perasaan melalui perbuatan

Ternyata tidak hanya dengan mimik wajah, gerak tubuh, dan perkataan saja kita dapat mengungkapkan perasaaan kita. Satu hal lagi sebagai sarana kita untuk mengungkapan perasaan adalah dengan perilaku atau perbuatan.

Perbuatan adalah sebuah tindakan nyata yang sangat mudah untuk dilakukan dalam mengekspresikan perasaan kita. Contohnya, mungkin kita akan berteriak-teriak kegirangan sambil melompat lompat setelah mengetahui bahwa kita sebagai pelajar sekolah menengah atas telah lulus ujian akhir nasional. Hal ini sangatlah jelas menggambarkan betapa besar rasa bahagia yang menyelimuti hati kita pada saat itu.

Contoh lain adalah ketika kita mencintai seseorang dan ingin mengungkapkannya. Tapi, kita tidak ingin hanya mengungkapkannya dengan biasa-biasa saja. Kita ingin mengungkapkannya dengan lebih istimewa lagi.

Misalnya, kita melakukan hal-hal yang tidak biasa untuk menyatakan cinta. Mengajak si pujaan hati makan malam. Memesan tempat makan yang spesial dengan hiasan lilin di meja. Memesan makanan kesukaan si pujaan hati. Tentu hal ini adalah sebuah ungkapan perasaan yang begitu istimewa dan tidak biasa.

Kita dapat melakukan banyak hal untuk mengungkapkan perasaan kita. Tidak terbatas hanya pada satu hal saja. Dengan tindakan atau perbuatan ini justru akan membuat ungkapan perasaan kita semakin lebih kuat dan berarti bagi orang yang kita maksudkan untuk mengerti perasaan kita.

Perbuatan yang kita lakukan akan memberi efek yang lebih ke dalam hati dan perasaan seseorang, dibanding dengan kita hanya mengungkapkan perasaan lewat kata-kata saja. Akan terasa lebih mendalam.

Berita terkini Ungkapan perasaan ini memang bermacam-macam. Kita pun bisa mengkombinasikan di antara banyak macam ini. Dengan adanya ungkapan perasaan dari seseorang, tidak hanya bertujuan supaya orang lain tahu apa yang kita rasa. Tapi, terkadang kita juga ingin untuk berbagi tentang perasaan yang kita rasa kepada orang di sekitar ini.
Share it Please

Lamone To'i lamone

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI