Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Mengenalkan kumpulan doa Sehari-Hari Pada Anak

Kumpulan doa bagi anak identik dengan doa yang selalu dipanjatkan ketika berkegiatan sehari-hari, lantas Seperti apa kumpulan doa sehari-hari bagi anak-anak? dan, apakah manfaat mengenalkan doa sehari-hari pada anak?

Berita Terkini
Pada beberapa sekolah taman kanak-kanak yang berlandaskan ajaran agama Islam, menghafal beberapa kumpulan doa harian juga menjadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi. Dapat menghafal kumpulan doa sehari-hari menandakan anak tersebut sudah dalam tahap mampu menerima informasi yang diberikan oleh kedua orangtuanya. Hal ini nantinya akan mempermudah proses belajar mengajar anak dengan gurunya.

Kumpulan-doa-sehari-hari.jpg
Kumpulan doa yang biasa diakrabkan dengan anak sedari kecil adalah doa-doa ketika akan melakukan kegiatan sehari-hari seperti doa sebelum dan sesudah makan, sebelum tidur dan doa bangun tidur, doa sebelum belajar, doa sesudah belajar, doa ketika memakai baju, doa agar menjadi anak yang berilmu dan berguna.

Berikut ini adalah kumpulan doa sehari-hari bagi anak yang akan membantunya untuk lebih mengenal ajaran agama.
Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Kumpulan doa sehari-hari bagi anak yang akan dibahas pertama kali dalam artikel ini adalah doa sebelum dan sesudah makan. Mengajarkan anak berdoa melalui kumpulan doa sehari-hari bagi anak merupakan cara terbaik menanamkan pemahaman agama kepada anak. Mengajarkan anak untuk berdoa sebelum makan secara tidak langsung telah mengajarkan tata krama bagi anak.

Berdoa sebelum makan juga dapat menjauhkan anak dari nafsu makan berlebihan karena pengaruh setan. Berdoa sebelum makan adalah “aturan” pertama yang dapat diterapkan sebelum “aturan-aturan” lain.

Doa sebelum makan:

Allahuma baarik lana fiimaa razaqtana wa qinaa adzaa-bannaar.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami, peliharalah kami dari siksa neraka.”

Doa sesudah makan:

Alhamdulullahilladzi ath’amanaa wa saqaana wa ja’alanaa minal muslimiina.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami muslim.”
Kumpulan Doa bagi Anak 2 - Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

Kumpulan doa yang dibahas dalam artikel ini berikutnya adalah doa sebelum dan sesudah tidur. Percayakan anak Anda bahwa berdoa sebelum tidur dapat melilndunginya dari gangguan setan yang biasa menjadi hal menakutkan bagi mereka. Berdoa sebelum tidur juga dapat menghindarkan mereka dari mimpi buruk. Ceritakan manfaat berdoa sebelum tidur pada anak.

Doa sebelum tidur:

Bismika Allahumma ahyaa wabismikaa ammut.

Artinya: “Dengan nama-Mu Ya Allah hidupku dan dengan nama-Mu pula Ya Allah matiku.”

Doa sesudah tidur (bangun tidur):

Alhamdulillahilladzi ahyana ba’dama amatana wailaihi nusyur.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit.”
Kumpulan Doa bagi Anak 3 - Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Kumpulan doa yang selanjutnya adalah doa sebelum dan sesudah belajar. Berdoa sebelum dan sesudah belajar juga penting. Dengan berdoa Allah akan memudahkan masuknya ilmu ke dalam ingatan anak-anak. Gangguan bersifat kemalasan pun akan berkurang. Prestasi di sekolah pun akan meningkat.

Doa sebelum belajar:

Rodlittu billahirobba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawwarasulla robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: “ Aku ridho Allah sebagai Tuhanku dan agama Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi dan utusan Allah. Ya Allah tambahkanlah aku ilmu, dan berikanlah aku karunia untuk memahaminya.”

Doa sesudah belajar:

Allahumma arinal haqqo haqqon warzuqnattibaa’ahu wa arinalbaathila baathulan warzuqnajtinaabahu.

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kamu kebenaran sehingga kami dapat mengikutinya dan tunjukkanlah kepada kami kejelekkan sehingga kami dapat menjauhinya.”
Kumpulan Doa bagi Anak 4 - Doa Ketika Memakai Baju

Kumpulan doa yang akan dibahas berikutnya adalah doa ketika memakai baju. seperti apa doa memakai baju tersebut? berikut adalah doanya.

Allahumainni as aluka min khoirihi wa khoiri maa huwalahu wa a’uudzu bika min’syarrihii wa syarri maa huwalahu.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang ada di pakaian ini, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan pakaian ini dan dari kejahatan yang diakibatkan pakaian ini.”
Kumpulan Doa bagi Anak 5 - Doa Menjadi Anak Berilmu dan Berguna

Kumpulan doa yang berikutnya adalah doa menjadi anak yang berilmu. seperti apa doanya? berikut adalah doa agar manjadi anak yang berilmu dan berguna.

Allahummaj’alni wa auladi wa dzurriyati min ahlil khoiri wa la taj’alni wa iyyahummin ahlis su iwa ahlidh ghoiri warzuqni wa iyyahum ilman nafi’an wa rizqon wa si’aw wa khuluqon hasanan wattaufiqo lith tho’ati wa fahman nabiyyiin.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku, anak-anakku dan keluargaku termasuk dari golongan orang yang baik. Dan janganlah engkau jadikan aku serta mereka dalam golongan orang yang jahat dan orang yang membuat mudharat. Berilah rejeki kepadaku dan kepada mereka.”

Nah, itulah 5 kumpulan doa sehari-hari bagi anak yang sebisa mungkin harus dihafal atau dilakukan oleh anak. Ada pengalaman menarik ketika membicarakan kumpulan doa sehari-hari bagi anak. Ya, penulis suka teringat kejadian waktu kecil dulu dan semoga bermanfaat.
Share it Please

11januari

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Posting Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI