Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Tips Ibu Menyusui Bayi Untuk Pertama Kali

Hal Yang Perlu DI Perhatikan Oleh Ibu Menyusui, terutama bagi mereka yang pertama secara alami akan menghadirkan perasaan yang mendebarkan. Untuk itu, perlu persiapan yang matang baik secara psikologis maupun mental. Berikut melalui berita terkini beberapa hal yang patut diperhatikan bagi calon ibu yang hendak menyusui bayinya:

Langkah Persiapan
ibu-menyusui.jpg
Pertama-tama pada calon ibu harus diberikan sugesti untuk meyakinkan bahwa seluruh wanita di dunia berhak dan pasti melahirkan. Makanya, ia tak sendirian. Melahirkan dan kemudian menyusui merupakan proses alamiah yang patut disyukuri karena toh tak semua wanita yang mampu diberikan kepercayaan untuk mengurus anak oleh Sang Khalik.

Memberikan pemahaman secara berkala dan komprehensif kepada si calon ibu tentang pentingnya pemberian air susu ibu secara sempurna. Selain itu diperlukan pula pemahaman mengenai kerugian apabila terus-terusan menggunakan susu formula.

Meyakinkan kepada ibu yang pernah mengalami trauma kegagalan menyusui, bahwa menyusui sekali lagi merupakan kelaziman setiap wanita.

Setiap saat berkonsultasi kepada dokter apabila ada keluhan-keluhan yang dirasakan.


Hal yang Harus Diperhatikan

Selain keempat aspek diatas, ada hal lainnya yang juga penting diperhatikan:

Ukuran dan bentuk payudara.

Perlu diketahui bahwa ukuran dan bentuk payudara tidak berpengaruh pada produksi atau keluarnya air susu ibu. Namun demikian, patut untuk diperhatikan dan segera konsultasikan ke dokter apabila terjadi perubahan secara signifikan, seperti membesarnya payudara secara masif, tidak simetrisnya gerakan ketika terjadi perubahan posisi.

Warna kulit payudara.

Secara umum, wanita normal akan memiliki warna kulit payudara yang sama atau sesuai dengan warna di perut atau belakang permukaan tubuh (punggung). Patut dirisaukan jika terjadi kemerahan yang tak biasa, penyakit kulit karena berbagai sebab, dsb.

Kontur payudara.

Umumnya, kontur payudara yang normal memiliki permukaan yang rata, tidak retraksi (menarik kembali) atau depresi. Jika hal-hal tersebut terjadi maka perlu segera dikonsultasikan ke dokter karena khawatir tanda-tanda kanker payudara atau tumor ganas.

Jaga kelembapan puting susu dengan cara mengoleskan terlebih dahulu air susu ibu ke puting sebelum menyusui, hal tersebut juga ternyata bermanfaat juga sebagai desinfektan.

Saat Ibu Menyusui Bayi

Ketika proses menyusui berlangsung, bayi sebaiknya diletakkan menghadap perut ibu dengan tahapan sebagai berikut:

Ibu mengambil posisi duduk atau berbaring.

Peganglah belakang bahu bayi dengan satu lengan, dimana kepala bayi terletak diantara siku ibu. Peganglah bokong bayi secara sempurna.

Posisi sang bayi diatur sedemikian rupa sehingga satu tangan diletakkan di belakang badan ibunya, yang satunya lagi di depan.

Kepala bayi menghadap ke payudara sang ibu, dengan posisi perutnya menempel di perut ibunya.

Tataplah kegiatan sang bayi tersebut denghan pancaran cahaya kasih dan rasa sayang yang mendalam.
Share it Please

Lamone To'i lamone

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Poskan Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI