.

 

Contoh Makalah Ekonomi Tentang Penawaran Barang

Berita terkini tentang Pendidikan dalam Contoh Makalah Ekonomi Tentang Penawaran Barang yang dimana ekonomi akhir-akhir ini Memang merupakan sebuah laju kehidupan yang masih bisa berjalan tanpa ilmu yang mengaturnya, namun keberadaan ilmu ekonomi mampu memperjelas berbagai analisis kegiatan yang sebelumnya tidak pernah diketahui penyebab dan pengaruhnya. Ilmu ekonomi mampu membuat manusia memperhitungkan dan memperkirakan “angka” yang harus dan bisa didapat.

Definisi Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang maupun jasa. Salah satu masalah yang dibahas dalam ekonomi adalah penawaran barang.

Sebenarnya, istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti ‘keluarga atau rumah tangga’ dan nomos yang berarti ‘aturan, peraturan, hukum’. Dengan demikian, ekonomi dapat diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Dalam ilmu ekonomi, dikenal pula ahli ekonomi atau disebut dengan ekonom. Ahli ekonomi adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Di bawah pengawasan mereka roda ekonomi berputar yang digerakkan oleh para pelaku ekonomi.

Substansi Ilmu Ekonomi

Dunia ekonomi tidak lepas dari permintaan dan penawaran barang. Karena ada dua hal tersebut maka perekonomian pun berjalan sempurna. Hukum ekonomi pun berlaku dengan sendirinya. Yakni dengan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Karena itu, bagi para pelaku bisnis dituntut untuk bertindak kreatif. Agar dengan modal yang minimal namun mampu memenuhi permintaan konsumen.

Salah satu cara adalah dengan aktif dalam melakukan penawaran barang. Banyak teori yang terdapat di dalam makalah ekonomi. Berikut beberapa penjelasan atas substansi dasar ilmu ekonomi.

Apa sebenarnya substansi dasar dari ilmu eknomi? Ilmu ekonomi pada dasarnya adalah mempelajari segala perilaku manusia pada saat memilih dan menciptakan kemakmuran.

Selanjutnya masalah utama yang muncul adalah ketidakseimbangan antara keinginan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas keinginan manusia dengan jumlah terbatas. Sehingga muncullah gejolak ekonomi, berupa penawaran dan sejumlah permintaan.

Dengan adanya ketidakseimbangan tersebutlah maka manusia mulai berusaha mencari cara dan jalan, bagaimana agar kebutuhan dan keinginannya tersebut dapat terpenuhi. Sehingga manusia berusaha mendapatkan alat pemuas kebutuhan ekonomi tersebut berupa uang. Baik dengan cara bekerja, berusaha ataupun berdagang sekalipun.
Definisi Penawaran Barang

Seperti sudah disinggung di awal, bahwa di dalam ekonomi ada istilah permintaan dan penawaran barang. Hal ini banyak sekali diungakp di dalam makalah ekonomi. Sehingga dengan istilah tersebut, proses perekonomian pun berjalan.

Permintaan muncul atas sejumlah barang, benda ataupun jasa yang diinginkan oleh para penikmat ekonomi.

Sementara penawaran barang, atas barang, benda, ataupun jasa muncul untuk menjawab permintaan ekonomi; oleh para pelaku ekonomi.

Penawaran barang adalah sejumlah barang atau jasa yang akan dijual pada waktu dan tingkat harga tertentu. Misalnya, per hari, per bulan, maupun per tahun. Jumlah barang yang tersedia itu merupakan hasil penggabungan penawaran barang dari seluruh produsen yang berada di daerah tertentu. Ada satu hal penting yang harus diketahui bahwa jumlah penawaran belum tentu sama dengan jumlah barang yang benar-benar dijual.

Dalam keberlangsungan perekonomian tersebut, permintaan dan penawaran selalu saling susul-menyusul. Kadangkala keduanya berimbang, maka roda perekonomian dapat berjalan stabil. Apabila di suatu ketika permintaan lebih tinggi dari penawaran, maka harga-harga pun akan melonjak drastis. Dan saat permintaan lebih rendah dari penawaran, maka harga-harga pun akan menjadi turun, alias lebih murah dari biasanya.

Namun kadangkala para pelaku ekonomi lebih cerdik dalam mengantisipasi kemungkinan kedua. Pada saat permintaan lebih rendah dari penawaran, maka biasanya alih-alih menurunkan harga nominal suatu barang, namun mereka melakukan penumpukan stock atau persediaan barang. Dan mengeluarkan lagi ketika perekonomian telah stabil kembali.

Namun tindakan seperti ini sudah barang tentu banyak resikonya, dan juga tidak baik. Selain tidak adil untuk para penikmat ekonomi, resiko kerusakan pun akan dapat dialami oleh para pelaku ekonomi yang menumpuk barang tadi.
Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi

Manusia dikatakan sebagai mahluk sentra. Atau ego. Artinya semua akan berputar di sekitar diri manusia. Itulah kadangkala Anda menemui seseorang tampak egois atau hanya mementingka diri sendiri. Hal ini agaknya sesuai dan penjelasannya mudah dipahami, karena diri manusia yang dikatakan mahluk sentra atau ego tadi.

Manusia pun disebut sebagai mahluk sosial juga mahluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi, manusia akan selalu dihadapkan pada masalah ekonomi. Inti masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa jumlah kebutuhan manusia tidak terbatas, sementara jumlah alat pemuas kebutuhan manusia sangat terbatas.

Kondisi ini yang memunculkan masa kelangkaan, ketiadaan atau pailit. Atau disebut dengan istilah scarcity, di dalam bahasa Inggris.

Setiap manusia tentu memiliki jumlah dan tingkat kebutuhan yang berbeda. Orang yang satu belum tentu memiliki tingkat kebutuhan sama dengan yang lain. Perbedaan tingkat kebutuhan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut.

Faktor ekonomi.
Faktor lingkungan sosial budaya.
Faktor fisik.
Faktor pendidikan.

Karena perbedaan tingkat kebutuhan tersebut, maka beragam pula respon sikap manusia terhadap penawaran-penawaran barang yang ditujukan kepada dirinya. Sehingga akan manusia dengan sendirinya akan terbagi menjadi beberapa kelompok sebagai berikut:

Manusia hemat ekonomis.

Mampu membedakan tingkat kebutuhan, antara kebutuhan yang primer dengan kebutuhan yang sekunder maupun tertier. Sehingga ia akan selalu berpikir masak-masak dalam menanggapi berbagai penawaran yang datang kepadanya.

Manusia boros borjuis.

Jenis manusia seperti ini tidak lagi mampu membedakan tingkat kebutuhan. Dirinya sudah tidak peka dalam memilah mana saja yang dianggap penting untuk memenuhi kebutuhannya. Karena semua dianggap penting tanpa skala prioritas, maka bisa jadi semua akan dibeli meski tidak dibutuhkan, terhadap semua penawaran yang datang kepadanya.

Kedua jenis kelompok manusia tersebut akan selalu ada dan bermunculan seiring dengan perputaran roda ekonomi. Tinggal terserah pada diri Anda untuk menjadi kelompok manusia yang mana, ekonomis atau borjuis?
Jenis Penawaran

Penawaran terdiri atas dua jenis, yaitu sebagai berikut.

Penawaran individu, yaitu penawaran suatu barang yang dilakukan oleh penjual atau produsen.

Penawaran pasar, yaitu penjumlahan dari beberapa penawaran individu. Dengan kata lain, penawaran pasar berarti kalkulasi penawaran dari beberapa produsen.

Antara keduanya kadangkala dapat berlaku secara seimbang. Kadang tidak seimbang. Semua hal tersebut biasanya akan banyak dijelaskan di dalam berbagai makalah ekonomi.

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran dapat mengalami perubahan dari segi kualitas maupun kuantitas. Perubahan tersebut dapat dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu sebagai berikut.

Harga barang atau jasa.

Harga input atau biaya produksi yang turut mempengaruhi kuantitas barang yang ditawarkan. Ketika tenaga kerja, modal, bahan baku, dan bahan pembantu, naik, produsen akan terdorong untuk menurunkan atau mengurangi kuantitas barang yang ditawarkan. Hal itu dilakukan sebagai cara untuk menghindari tanggungan biaya yang besar.

Teknologi produksi yang digunakan turut mempengaruhi kuantitas barang yang ditawarkan sehingga berpengaruh pada penawaran.

Itulah sedikit gambaran mengenai ekonomi serta unsur-unsur pendukungnya, termasuk penawaran barang. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai ekonomi dan kegiatannya. Bagaimanapun, manusia akan selalu berhubungan dengan kegiatan ekonomi.


 
 
 
Contoh Makalah Ekonomi Tentang Penawaran Barang - Berita Terkini

Berita Terkini
Rebuild by Blogger Kota Bima My Work Jasa Pembuatan Toko Online dan Website Thanks to Blogger.Com