Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Contoh Pembuatan Karya Tulis Ilmiah Kesehatan Masyarakat

Contoh Pembuatan Karya Tulis Ilmiah Kesehatan Masyarakat yang sistematika penulisannya tidak jauh berbeda dengan karya tulis ilmiah lainnya. Yang berbeda hanyalah dari isi paparannya. Latar belakang pembahasan yang disinggung dalam karya tulis ilmiah kesehatan masyarakat adalah mengenai kesehatan dalam kehidupan masyarakat yang biasanya tengah mendapatkan sorotan.

Hubungan karya ilmiah dengan kesehatan masyarakat dikarenakan dengan adanya karya tulis ilmiah ini berarti akan ada sebuah penelitian. Penelitian yang dilakukan tentunya adalah penelitian tentang kesehatan masyarakat. Penelitian ini sendiri memiliki fungsi sebagai pendukung dan bukti ilmiah dalam karya tulis ilmiah tersebut.

Berikut ini sistematika penulisan karya ilmiah.

1. Judul Penelitian

Bagian judul ini biasanya berkaitan dengan fenomena kesehatan yang tengah ramai dibicarakan dalam masyarakat ataupun mengenai hal-hal yang berhubungan dengan dunia kesehatan lainnya. Kemasan jdul ini diusahakan agar dibuat semenarik mungkin.

2. Abstrak

Abstrak merupakan pemaparan singkat mengenai intisari tulisan hasil penelitian. Garis besar penelitian yang dilakukan sebaiknya terangkum dalam bagian abstrak ini.

3. Pendahuluan

Pemaparan mengenai informasi latar belakang dan identifikasi masalah yang akan mengantar para pembaca ke arah masalah dan pemecahannya.

4. Isi

Isi atau pembahasan utama berisi hal-hal berikut ini.

Bahan dan metode penelitian yang dipakai.
Uraian pelaksanaan dan tafsiran maupun rekaannya.

5. Penutup

Penutup berisi hal-hal berikut ini.

Hasil penelitian dan pembahasan.
Ucapan terima kasih kepada yang telah membantu terlaksananya penelitian.

6. Referensi

Referensi berupa data pustaka yang digunakan sebagai rujukan dalam penelitian.
Gaya Penulisan Karya Tulis Ilmiah Kesehatan Masyarakat

Gaya penulisan karya tulis ilmiah bermacam-macam. Mulai penulisan baku dan sistematis hingga penulisan artikel populer yang lebih mudah dipahami. Bergantung gaya penulisan tiap-tiap penulis.

Untuk itu, penulis akan memberikan salah satu contoh abstraksi singkat dari karya tulis ilmiah kesehatan masyarakat. Abstraksi ini merupakan pemaparan umum masalah kesehatan yang dapat dikembangkan menjadi sebuah karya tulis ilmiah kesehatan.
Contoh Karya Tulis Ilmiah Kesehatan Masyarakat

Pengaruh Kehamilan Dini Terhadap Ibu dan Bayi

Abstrak

Anak adalah anugerarah terindah dari Tuhan yang tidak dapat ditolak oleh setiap manusia. Seorang wanita, sebagai calon ibu, diberikan rahim oleh Tuhan untuk sabar menunggu datangnya hadiah itu masuk menjadi benih yang tumbuh dalam tubuhnya. Untuk itu, wanita harus merawat rahim dan vaginanya dengan baik.

Vagina merupakan alat reproduksi dan seksual wanita yang harus dirawat dengan baik. Dari vagina inilah, sebuah kehidupan akan muncul. Tidak sekadar untuk menjadi tempat penyalur hasrat seksual, tetapi vagina merupakan organ paling penting untuk dijaga.

Melakukan hubungan seksual dengan sembarangan ataupun berhubungan intim sejak dini sangat berbahaya bagi kesehatan vagina. Akan berpengaruh pula terhadap kesehatan rahim. Begitu pula dengan rahim.

Rahim yang masih sangat muda akan berbahaya jika dibuahi. Sayangnya, di beberapa tempat di dunia ini, banyak sekali kasus pernikahan dini yang menyebabkan adanya ibu-ibu muda. Dampak kehamilan ibu muda sangat berbahaya bagi nyawa sang ibu dan perkembangan sang janin.

Misalnya, dalam kehidupan masyarakat di Afrika. Rata-rata, usia pernikahan mereka kisaran usia 10 hingga 19. Begitupun kehidupan di beberapa daerah kecil Indonesia. Pernikahan dini menjadi hal lazim, seorang wanita belasan tahun dituntut memberikan keturunan pada keluarganya.

Tidak hanya orang-orang pedesaan dan pedalaman, kehamilan muda dapat dialami para remaja ibukota. Bahkan, di negara maju seperti Amerika. Kehamilan itu biasanya disebabkan oleh pergaulan bebas sehingga mereka mengalami kehamilan pranikah.

Usia matang rahim seseorang untuk diisi janin adalah 18 tahun. Panggul tubuhnya sudah terbentuk dan organ reproduksinya telah berkembang secara sempurna. Perkembangan organ reproduksi yang telah sempurna membuat rahim siap dibuahi.

Berikut ini dampak yang terjadi pada kehamilan usia dini.

Dampak Berbahaya untuk Ibu

Mengalami perdarahan. Perdarahan ketika melahirkan disebabkan oleh otot rahim yang terlalu lemah ketika proses involusi, adanya selaput ketuban stosel (bekuan darah yang tertinggal dalam rahim), proses pembekuan darah yang lambat, dan adanya sobekan pada jalan lahir.

Kemungkinan keguguran atau abortus. Keguguran biasanya disebabkan oleh faktor-faktor alamiah dan abortus yang disengaja.

Persalinan lama dan sulit karena adanya komplikasi yang dialami ibu dan janin. Komplikasi ini biasanya disebabkan kelainan letak janin ataupun kelainan panggul sehingga sang ibu kehilangan kekuatan ketika mengejan.

Adanya infeksi rahim serta perdarahan hebat akan berakibat pada kematian sang ibu.

Dampak Berbahaya untuk Bayi

Lahir secara prematur. Bayi akan lahir ketika usia kadungan kurang dari 37 minggu (259 hari). Hal ini terjadi karena pada masa pertumbuhan dalam rahim, zat yang diperlukan janin berkurang.

Bayi akan lahir dengan berat badan kurang dari 2.500 gram. Hal ini diakibatkan kurangnya gizi saat hamil karena usia sang ibu kurang dari 20 tahun. Dapat juga diakibatkan penyakit menahun yang diderita ibu hamil.

Bayi akan mengalami cacat bawaan yang disebabkan adanya kelainan pertumbuhan struktur organ janin pada masa pertumbuhannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelainan genetik dan kromosom, infeksi, virus rubela, serta faktor gizi dan kelainan hormon.

Bayi akan mengalami kematian pada usia 7 hari. Hal ini disebabkan bobot bayi kurang dari 2.500 gram akibat masa kehamilan 37 minggu (259 hari). Peristiwa ini disebut kelahiran kongenital dan dapat disertai asfiksia.

Untuk itu, perlu ada penanganan serius bagi permasalahan kehamilan dini ini. Kehamilan merupakan sebuah permasalahan sosial yang berdampak pada kesehatan. Bahkan, kematian.

Bahan Kajian Karya Tulis Ilmiah Kesehatan Masyarakat

Seperti yang telah disebutkan tadi, karya tulis ilmiah kesehatan masyarakat adalah sebuah karya tulis yang mengulas segala hal tentang kesehatan masyarakat dan sebuah penyakit. Dalam artikel ini telah dicontohkan sebuah abstrak yang merupakan intisari dari sebuah karya tulis ilmiah kesehatan masyarakat.

Sebenarnya masih banyak lagi sumber atau bahan lainnya yang bisa Anda jadikan bahan kajian untuk membuat karya tulis ilmiah kesehatan masyarakat. Misalnya, fenomena penyakit kaki gajah yang sangat meresahkan masyarakat, bahaya rokok bagi kesehatan, pentingnya program keluarga berencana, dan masih banyak hal lainnya.

Melalui berita terkini semakin banyaknya penilitian tentang kesehatan masyarakat, diharapkan tingkat kesehatan masyarakat akan lebih baik. Diharapkan lebih baik karena dengan adanya penelitian kesehatan maka akan ditemukan berbagai macam persoalan kesehatan yang nantinya akan dicarikan sebuah solusinya. Denga solusi inilah kesehatan masyarakat bisa lebih baik.

Intinya, selama bahan yang hendak dikaji tersebut mengandung informasi positif dan memiliki manfaat bagi masyarakat, tak ada salahnya Anda jadikan sebagai sebuah karya tulis ilmiah kesehatan masyarakat. Bagaimana, tertantang untuk segera membuat karya tulis ilmiah kesehatan masyarakat? Tunggu apa lagi, mulailah dari sekarang.
Share it Please

11januari

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Posting Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI