Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Contoh Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Pada artikel tentang Pendidikan kali ini, akan memberikan tips-tips untuk sistematika penulisan karya tulis ilmiah dari salah satu jenis-jenis karya tulis ilmiah yang ada yaitu Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah maupun contoh karya tulis ilmiah untuk laporan hasil penelitian secara umum.

setidaknya Anda telah mengenal sistematika penulisan karya tulis ilmiah untuk laporan hasil penelitian. Mungkin saja penelitian di lapangan atau penelitian di laboratorium, penelitian yang bersifat individual atau penelitian yang bersifat kelombok dan sebagainya.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu mendasar antara karya-karya tulis dan karya tulis ilmiah. Hanya saja pada karya tulis ilmiah, lebih menekankan dan menampilkan data-data teknis atau bahkan data penelitian.

Di dunia maya banyak ditemui contoh-contoh karya ilmiah berdasarkan kajian-kajian ilmu terkait. Namun, tidakkah Anda merasa penting untuk mengetahui sistematika penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar?

Jenis Karya Tulis

Karya tulis ilmiah sendiri, berdasarkan versi dari Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional) terdiri atas beberapa jenis karya tulis ilmiah. Beberapa jenis tersebut adalah:

Laporan hasil penelitian.
Laporan penelitian tindakan kelas.
Tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri.
Modul.
Diktat pelajaran.


Bagian Laporan Hasil Penelitian

Pada bagian laporan hasil penelitian, sebuah karya ilmiah harus terdiri sekurang-kurangnya, yaitu:

1. Bagian pembuka, bagian-bagiannya:

Halaman yang memuat judul karya tulis Anda.

Lembar yang berisi perihal pengesahan.

Kata pengantar Anda selaku penulis.

Halaman yang memuat daftar isi dari karya tulis ilmiah Anda.

Daftar yang berisi lampiran.


2. Bagian Isi, bagian-bagiannya:

Bab I. Berisi tentang pendahuluan dari karya tulis ilmiah Anda, setidaknya memuat: latar belakang dari masalah yang Anda angkat, perumusan atas masalah yang Anda coba kembangkan, tujuan dari penelitian yang Anda lakukan, serta manfaat dari penelitian yang akan Anda lakukan.

Bab II. Berisi tentang: pengkajian teori-teori dari penelitian atau metode dari kepustakaan, pengkajian mendalam tentang teori-teori, sistematika pemikiran dan argumentasi keilmuan, dan pengajuan analisis serta hipotesis.

Bab III, Berisi tentang: metodologi penelitian, waktu dan tempat penelitian, metode dan rancangan penelitian, populasi dan sample, instrumen penelitian, dan pengumpulan data dan analisis data.

Bab IV. Berisi tentang: result dari penelitian dan pengajuan hipotesis atau hipotesa.

Bab V. Berisi tentang kesimpulan dan saran.


3. Bagian penunjang, bagian-bagiannya:

Daftar pustaka.

Lampiran - lampiran, antara lain instrument penelitian.


Nah semoga dari Contoh Penulisan Karya Tulis Ilmiah maupun hasil penulisan kata pengantar karya ilmiah bisa bermanfaat. Dan untuk penulisan sebaiknya dibuat dengan kalimat yang baik dan benar serta yang dapat memberi kesan bahwa si penulis dapat mepertanggung jawabkan hasil karya ilmiah dan karya tulisnya.
Share it Please

Lamone To'i lamone

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Poskan Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI