Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Jenis Surat yang Beragam

Macam Jenis Surat yang Beragam ini bisa anda jadikan referensi untuk surat permohonan .Macam-macam surat seperti surat dinas, surat pribadi, surat niaga, Contoh Surat Peringatan ataupun contoh surat permohonan gugatan cerai mempunyai kegunaan yang tak sama. Beda surat tentu saja beda fungsi. Ketika Anda menulis macam-macam surat dinas, tentu akan berbeda fungsi serta kegunaannya seperti ketika Anda menulis macam-macam surat pribadi. Namun, kegunaan inti macam-macam surat tetap sama yaitu sebagai wakil penulis atau organisasi untuk berhadapan dengan seseorang atau lembaga yang dituju sehingga isi surat menggambarkan citra si pengirimnya.
Macam-macam surat menurut kepentingan dan pengirimnya, surat dapat dikelompokan sebagai berikut:

1. Surat pribadi

Macam-macam surat menurut kepentingan dan pengirim yang pertama adalah surat pribadi. Surat pribadi merupakan alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan berita atau informasi yang dibuat atau dikirim oleh seseorang, baik kepada perorangan maupun kepada organisasi atau lembaga.

Jika surat ini ditujukan kepada seseorang kawan atau sahabat serta keluarga, dalam penulisan surat bahasanya relatif lebih bebas. Namun, jika surat yang ditulis ditujukan untuk lembaga atau instansi seperti surat lamaran pekerjaan, surat pengaduan, surat mengajukan kenaikan golongan, tentu saja bahasa surat yang digunakan harus resmi.
2. Surat dinas pemerintah

Macam-macam surat menurut kepentingan dan pengirim yang kedua adalah surat dinas pemerintah. Surat resmi/dinas adalah alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan atau memberitahukan berita atau informasi yang berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan kedinasan atau kegiatan kerja sebuah instansi pemerintah. Biasanya penulisan surat dinas akan bersifat formal dan resmi serta memiliki nomor surat dalam setiap penulisan surat dan pengirimannya.
3. Surat niaga

Macam-macam surat menurut kepentingan dan pengirim yang ketiga adalah surat niaga. Surat dagang atau niaga adalah alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan atau memberitahukan berita atau informasi yang berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan penawaranan harga barang, permintaan harga barang ataupun yang berkaitan dengan urusan perdagangan.

Surat niaga biasanya dipakai oleh perusahaan atau badan usaha. Dalam surat niaga biasanya akan membahas mengenai penawaran harga, permintaan harga, komplain tentang pengiriman barang dan sebagainya tergantung dari subjek surat niaga itu.
4. Surat sosial

Macam-macam surat menurut kepentingan dan pengirim yang keempat adalah surat sosial. Surat sosial adalah surat resmi yang dipergunakan oleh organisasi kemasyarakatan yang bersifat nirlaba atau non profit.

Sementara itu, macam-macam surat berdasarkan isinya bisa dibedakan sebagai berikut:

Surat keputusan
Surat perintah
Surat pemberitahuan
Surat panggilan
Surat peringatan
Surat permintaan
Surat laporan
Surat pengantar
Surat perjanjian
Surat penawaran
Surat pemesanan
Surat undangan
Surat lamaran pekerjaan

Isi surat tersebut menggunakan bahasa formal atau resmi, serta biasanya ada penomoran surat yang rapi ketika mengirim surat-surat tersebut.

Sementara itu, macam-macam surat menurut sifatnya dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Surat biasa, yaitu isi surat dapat diketahui oleh orang lain selain yang dituju atau dikirim.
Surat konfidensial atau terbatas, artinya isi surat hanya boleh diketahui oleh kalangan tertentu yang terkait saja.
Surat rahasia, maksudnya surat yang isinya hanya boleh diketahui oleh orang yang dituju saja.

Macam-macam surat berdasarkan banyaknya sasaran dapat dikelompokkan menjadi surat biasa, surat edaran, dan surat pengumuman. Selanjutnya, macam-macam surat berdasarkan tingkat kepentingan penyelesaiannya dapat terbagi menjadi surat biasa, surat kilat, dan surat kilat khusus.

Macam-macam surat berdasarkan wujudnya terbagi atas surat bersampul, kartu pos, warkat pos, teleks, telegram, faksimile, memo, dan nota. Macam-macam surat berdasarkan ruang lingkup sasarannya, surat terbagi atas surat internal dan surat eksternal.
Contoh Macam-macam Surat Niaga

Dalam surat niaga biasanya akan mencakup mengenai penawaran harga, permintaan harga, komplain barang, permintaan diskon atau potongan harga dan hal apa pun yang berkaitan dengan kegiatan dagang. Berikut ini akan diberikan contoh macam-macam surat niaga.
Macam-macam Surat - Contoh Surat Permintaan

PT MATA SEJAHTERA
Jalan Boulevard Raya No.7 Tangerang 17510
Telp. 021-4205692

Tangerang, 5 April 2012
No. : 01/P/IV/I-2012
Lamp. : 1 (satu) lembar
Hal : Permintaan

Kepada
Yth. Kepala Bagian Penjualan
Niyu Digital Media
Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini kami ingin memberitahukan bahwa kami akan segera membuka sebuah warung internet (Warnet) di Ruko Kuta Bumi, Jalan Pasar Kemis No.2 Tangerang. Oleh karena itu, kami membutuhkan 20 unit komputer, 1 unit printer, 1 unit scanner, sesuai yang Anda tawarkan pada iklan di Harian Kompas, tanggal 1 April 2012.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada Anda untuk mengirim brosur, daftar harga, dan buku petunjuk teknisnya. Selain itu mohon informasi mengenai cara pembayaran, syarat penyerahan barang, dan potongan harga. Kami tunggu informasi tersebut secepatnya. Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,



Ummu Mata
Pimpinan
Macam-macam Surat - Contoh Surat Penawaran

NIYU DIGITAL MEDIA
Jln. Teluk Mandar No. 20 Jakarta
Telpon 021-920345/920346

Jakarta, 7 April 2012
No. : 28/ND/IV/20-200420102
Lamp : 1 (satu) berkas
Hal : Penawaran Harga

Kepada
Yth. Pimpinan PT Mata Sejahtera
Ummu Matas
Di tempat

Dengan hormat,

Memenuhi surat permintaan penawaran perusahaan Anda nomor 01/P/IV/I-2012 tanggal 5 April 2012, kami Niyu Digital Media mengajukan penawaran penyediaan alat komputer dan perangkat penunjang dengan perincian sebagai berikut:

No Nama Barang Jumlah Harga Satuan Total
1 Komputer 20 3000.000 6.000.000
2 Printer HP 2430 1 8000.000 8.000.000
3 Scanner 1 800.000 800.000

TOTAL 36.000.000


Demikian penawaran harga dari kami. Harga tersebut sudah termasuk install software Microsoft Office & Windows Seven orisinil, tapi belum termasuk harga biaya pemasangan instalasi. Mengenai spesifikasi komputer terlampir.

Hormat kami,



Danar Hadi
Share it Please

Unknown

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Posting Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI