Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Contoh Surat Permohonan Gugatan Cerai

Melalui berita terkini yang kali ini admin akan memberikan Contoh Surat Permohonan Gugatan Cerai, di samping itu juga ada beberapa dari Contoh Surat Permohonan. Pada dasarnya semua agama membenci urusan perceraian. Namun beberapa membolehkan perceraian dengan aturan dan dasar hukum-hukum agama. Contoh surat gugatan cerai dapat juga berubah apabila dari pihak Pengadilan Agama membuat aturan atau tata cara penulisan yang baru. Akan lebih sempurna jika mendatangi kantor KUA atau Pengadilan Agama terlebih dahulu supaya mendapatkan contoh surat gugatan cerai yang terbaru.
Perkara Halalnya Bercerai

Dalam agama Islam dihalalkannya bercerai antara lain :

Tidak terpenuhinya nafkah batin dari seorang suami kepada istrinya.
Tidak diberikan nafkah lahir selama tiga bulan berturut-turut.
Adanya kekerasan dalam rumah tangga.

Tidak mendapatkan keturunan dari perkawinan.
Adanya unsur pemaksaan dan penipuan dalam perkawinan tersebut.

Dan alasan-alasan di atas tadi yang harus dicantumkan dalam contoh surat gugatan cerai Anda ke Majelis Hakim.

Proses Cerai

Proses perceraian yang tercantum dalam beberapa contoh surat gugatan cerai, yang dijadikan referensi adalah :
Membuat Kronologis Permasalahan
Tergantung dari mana gugatan cerai itu berasal. maka si Penggugatlah yang membuat kronologis permasalahan kepada Pengadilan Agama berupa alasan-alasan mengapa ingin bercerai.

Mendaftarkan Gugatan Di Pengadilan
Yang patut Anda perhatikan adalah tentang biaya pendaftaran gugatan cerai, dan Pengadilan Agama yang ditunjuk untuk mengadili kasus gugatan cerainya.

Membayar Biaya Pendaftaran Gugatan
Biaya pendaftaran gugatan cerai berdasarkan sumber dari Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Daftar gugatan cerai dari istri Rp 555.000,dari suami Rp 635.000, dan daftar surat kuasa advokat (bila membutuhkan jasa advokat) Rp 100.000,-. Tiap tahun biaya akan mengalami perubahan.

Masa Menunggu Surat Panggilan Sidang
Kurang lebih dua minggu sampai datangnya surat penentuan tanggal sidang.

Menjalani Sidang
Beberapa rangkaian sidang yang akan Anda lalui adalah :

Sidang Replik. Sidang penyerahan surat berisi respon atas jawaban surat dari si Tergugat (bisa suami atau istri).
Sidang Duplik. Sidang penyerahan surat berisi tanggapan dan respon dari surat Replik Penggugat.
Sidang Pembuktian Saksi dari Penggugat. Sidang penyerahan bukti-bukti keretakan rumah tangga. Dapat berupa bukti tertulis, foto dan pernyataan saksi.

Sidang Kesimpulan. Sidang penyerahan surat kesimpulan dari proses sidang sebelumnya. Berupa pembacaan replika, duplik dan keterangan para saksi. Sebelum dibacakan kesimpulan.

Sidang Putusan. Sidang terakhir keputusan apakah perceraian tersebut dikabulkan atau tidak. Harus dihadiri pihak suami dan istri.

Contoh Surat Gugatan Cerai

Berikut ini contoh surat gugatan cerai yang dapat ditulis oleh pasangan yang ingin menempuh proses perceraian:

Kepada Yth : Bapak/Ibu ketua Pengadilan Negeri / Agama Jakara Selatan

Di Tempat

Dengan Hormat,

Bersama ini saya yang bernama Mutiara Indah, Islam, 27 tahun, pekerjaan PNS, beralamat di Jl. P No.2 D-VI/115, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan, selanjutnya disebut sebagai PENGGUGAT.

Dengan ini Penggugat bermaksud mengajukan gugatan perceraian terhadap :

Bobby Hasoloan, Islam, 32 tahun, pekerjaan swasta, alamat Komplek Joglo, jalan Baru No.36 – Denpasar, yang untuk selanjutnya disebut sebagai TERGUGAT.

Dasar-dasar dan alasan dari diajukannya gugata perceraian ini adalah sebagai berikut :

Pada tanggal 22 Desember 1994, Penggugat dan Tergugat telah melangsungkan perkawinan dan tercatat di Kantor Urusan Agama Jakarta Selatan dengan Akta Perkawinan dengan nomer __________ tanggal ________
Dalam perkawinan yang berlangsung antara Penggugat dan Tergugat memiliki seorang anak laki-laki bernama : Rajasa Mancanegara, yang lahir di Buleleng-Bali pada tanggal ________ dan tercatat dalam Akta Kelahiran No. __________
Pada awal perkawinan Tergugat menunjukkan sikap yang normal, wajar dan baik. Namun belakangan baru diketahui bahwa Tergugat ternyata mengidap kelainan seksual yakni HETEROSEKSUAL.
Didapati bukti bahwa selain menikah dengan Tergugat, Penggugat juga memiliki istri lain (pasangan homo) dengan seorang lelaki bernama David bin Tukijan.
Penggugat merasa adanya unsur penipuan di dalam perkawinan yang telah dijalani dengan Tergugat, sehingga memutuskan untuk melakukan gugatan cerai.

Berdasarkan uraian di atas, Penggugat memohon kepada Majelis Hakim yang memeriksa perkara ini untuk memutuskan hal-hal berikut :

Menerima gugatan dari Penggugat.
Mengabulkan gugatan penggugatan secara keseluruhan.
Menyatakan putusnya ikatan perkawinan antara Penggugat dan Tergugat yang tercatat dalam Akta Perkawinan No. _________________ yang tercatat di Kantor Urusan Agama Jakarta Selatan.
Menyatakan hak asuh dan pemeliharaan anak jatuh dalam kekuasaan Penggugat.
Menghukum Tergugat untuk memberikan uang iddah serta nafkah anak sebesar Rp 3.500.000,- / bulan.
Membebankan semua biaya perkara kepada Tergugat.

Apabila Majelis Hakim berkeputusan lain, Penggugat mohon keputusan yang seadil-adilnya.

Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.

Jakarta, ______________

Hormat Penggugat

Contoh surat gugatan cerai di atas dapat dibuat sebagai referensi bagi pembaca yang akan menempuh jalan perceraian. Seperti diulas di Berita Terkini, sebaiknya kedua pasangan mencoba untuk memperbaiki hubungannya agar diperoleh kehidupan rumah tangga yang lebih baik dari sebelumnya.

Memang suatu keadaan dapat memaksa seseorang harus bercerai dari pasangannya bila dikhawatirkan menimbulkan sesuatu yang buruk dalam hidupnya. Misalnya seorang istri yang mendapati pasangan suaminya berpindah agama ke agama selain Islam, maka para ulama sepakat bahwa sang istri tidak hanya boleh bercerai namun wajib baginya segera menceraikan suaminya tersebut.

Mintalah nasehat dari para ulama atau ustadz terlebih dahulu sebelum menjalani proses perceraian. Agar semakin mantap dalam memutuskan hubungan dengan pasangan yang telah kita nikahi. Cobalah membawa sang istri atau suami ke tempat ulama untuk mendapatkan wejangan, ini dimaksudkan agar kedua pasangan dapat berpikir jernih dan sesuai dengan norma agama Islam.
Share it Please

Unknown

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Posting Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI