Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Faktor Penyebab Tumbuhnya Jerawat

jerawat
Bagaimana jerawat bisa timbul? Pada dasarnya, kulit kita punya bahan alami yang berfungsi untuk melindungi permukaan kulit bernama sebum atau minyak. Nah, ada kalanya, kelenjar minyak tersebut jumlahnya berlebihan dan terhambat saat hendak muncul ke permukaan kulit, hingga menumpuk.

Namun, tak menutup kemungkinan bagi orang dewasa untuk mengalaminya. Lalu, bagaimana mengatasinya? Well, Anda harus lebih dulu mengetahui penyebab tumbuhnya jerawat, baru kemudian mencari tahu cara mencegah jerawat.

Karena tak bisa muncul ke permukaan pori-pori kulit dengan baik, maka penumpukan tadi mengundang bakteri berdatangan hingga terjadi peradangan dan tumbuh bintil yang dikenal dengan sebutan jerawat.

Keberadaannya bisa di berbagai tempat di permukaan tubuh, namun paling sering timbul di kulit bagian wajah, dada, juga punggung.

Berlebihnya hormon minyak pada seseorang terpicu oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor penyebab tumbuhnya jerawat.

Faktor genetik

Jika semasa remaja ayah atau ibu Anda termasuk yang bermasalah dengan jerawat, maka tak heran jika Anda juga mengalami hal yang serupa. Ini artinya, sudah jadi garis keturunan keluarga tersebut memproduksi kelenjar minyak yang berlebihan.

Faktor genetika ini memang sulit untuk diubah, karena sudah ada di garis keturunan, layaknya penyakit jantung serta darah tinggi.

Faktor Hormon

Biasanya terjadi pada pria yang sedang mengalami masa pubertas, serta wanita yang akan memasuki siklus menstruasi. Dalam masa-masa ini, hormon mengalami aktivitas yang berbeda hingga jumlah kelenjar minyak jadi berlipat ganda.

Faktor Makanan

Mengonsumsi makanan tertentu juga dapat memacu jumlah kelenjar minyak seseorang hingga jadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat. Salah satu makanan yang mesti dihindari adalah hidangan laut, seperti cumi-cumi, udang, serta kerang, karena memiliki kandungan yodium yang tinggi.

Selain itu, makanan dengan kadar karbohidrat serta gula yang tinggi juga lebih baik tak dikonsumsi. Kenapa? Makanan tinggi gula dan karbohidrat akan menambah jumlah sekresi insulin di tubuh dan rangkaian biokimianya berakhir jadi kelenjar minyak!

Faktor Gaya Hidup

Anda bukan penggemar seafood atau berasal dari keluarga dengan genetika penyakit jerawat, namun kerap stres dan sulit tidur. Hati-hati, dua hal ini juga termasuk sebagai penyebab tumbuhnya jerawat karena saat porsi tidur berkurang, maka tubuh mengeluarkan hormon DHEA yang memperparah keberadaan jerawat
Share it Please

Lamone To'i lamone

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Poskan Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI