Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Beberap Tips Melamar Kerja

tips melamar kerja

Berita terkini mengenai Tips melamar kerja banyak dibahas diberbagai media seperti majalah, koran, internet ataupun dalam seminar. Biasanya yang dibahas adalah standarisasi umum yang harus Anda penuhi dan lakukan dalam melamar pekerjaan. Namun bagi Anda yang baru lulus kuliah atau sekolah dan akan melamar kerja, ada baiknya Anda banyak membaca tips melamar kerja seperti hal-hal dalam menulis surat lamaran kerja. Tips ini penting untuk mengetahui hal apa saja yang diperlukan dan dipersiapkan untuk melamar pekerjaan, dan jangan lupa juga untuk memperhatikan konsep surat lamaran kerja. Harapan Anda tentunya agar bisa melewati proses tes dengan sukses alias lulus.

Simaklah beberapa tips melamar kerja berikut ini:

Curriculum Vitae (CV)

CV biasanya terdiri dari data pribadi Anda, latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja (magang atau pengalaman kerja part-time bisa dimasukkan di sini). Buatlah CV Anda dengan rapi, mudah dibaca, dan mengesankan. Pilih jenis huruf yang mudah dibaca dan beri spasi yang cukup. Uraikan pendidikan, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja, secara berurutan dari yang terkini ke yang terdulu.

Perlu Anda perhatikan juga bahwa CV Anda akan dibaca oleh calon atasan Anda, dan dia punya banyak pekerjaan yang lain selain membaca CV Anda, jadi sebisa mungkin buatlah menjadi 1 halaman. Salah satu caranya adalah dengan memperkecil margin dan tidak mencantumkan pengalaman yang kurang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Surat Lamaran dan Dokumen Pelengkap

CV biasanya didampingi surat lamaran (1 halaman) dan dokumen pelengkap sebagai persyaratan lain yang diminta perusahaan. Gunakan jenis huruf yang sama dengan yang tulisan pada CV. Sebelum Anda mengirim lamaran Anda, periksa baik-baik apakah semua dokumen pelengkap sudah Anda masukkan. Ketelitian dan kepatuhan juga menjadi faktor penilaian.

Persiapkan Diri Anda

Jika Anda memiliki kerabat yang sudah lebih dulu bekerja atau sudah pernah mengikuti proses rekrutasi di perusahaan yang Anda lamar, carilah informasi mengenai tes apa saja yang akan diberikan, berapa besar kira-kira gaji yang akan diberikan pada posisi Anda, dan apa saja yang ditanyakan pada saat wawancara.

Mencari Informasi Lowongan Kerja

Ada banyak cara mencari informasi lowongan kerja. Di antaranya surat kabar dan informasi dari kerabat. Sementara di internet ada lebih banyak lagi cara. Anda bisa mengikuti milis lowongan kerja, menjadi member situs pencari lowongan kerja, ataupun secara langsung mengakses halaman karir pada website perusahaan yang ingin Anda lamar.
Share it Please

Lamone To'i lamone

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Poskan Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI