Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Penyakit Gangguan Sistem Reproduksi Manusia

Manusia melakukan reproduksi untuk menghasilkan keturunan dan mempertahankan keberadaannya di muka bumi ini. Nah, reproduksi ini dijalankan dan diatur oleh sistem reproduksi manusia. Sistem reproduksi manusia terdiri dari dua jenis, yaitu sistem reproduksi pada wanita dan sistem reproduksi para pria.

Gangguan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia tentunya dapat menghambat, bahkan menggagalkan proses reproduksi. Berbagai macam bakteri dan virus dapat menyerang sistem reproduksi manusia, mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit-penyakit berat yang berujung pada kematian.

Lantas penyakit apa saja yang dapat menyerang sistem reproduksi manusia? Dan bagaimana pula pencegahannya? Nah, untuk menambah pengetahuan Anda seputar penyakit sistem reproduksi manusia dan langkah pencegahannya, simak ulasan berikut.

Penyakit Sistem Reproduksi Manusia

Sistem reproduksi manusia juga memiliki risiko terkena berbagai penyakit. Penyakit pada sistem reproduksi ini bisa menghambat proses reproduksi, bahkan bisa menyebabkan kemandulan. Beberapa penyakit pada sistem reproduksi manusia juga membawa kelainan pada janin yang dikandung.

Apa saja penyakit pada sistem reproduksi manusia? Yuk, simak beberapa penyakit sistem reproduksi pada manusia berikut ini.

Sistem rekproduksi manusia.jpg
Sifilis

Penyakit ini ditandai dengan timbulnya rasa sakit pada mulut rahim, yaitu pada alat kelamin dan anus sekitar 3 minggu hingga 12 minggu sesudah terinfeksi bakteri Treponema Pallidum. Infeksi ini terjadi akibat berhubungan seks oral, anal, atau vaginal dengan orang yang telah terinfeksi sifilis.

Rasa sakit ini akan menghilang setelah satu atau dua minggu, tetapi bukan berarti bakteri telah hilang. Bakteri tetap hidup di dalam tubuh. Sekitar 6 bulan hingga 12 bulan kemudian, muncul kembali tanda-tanda infeksi sifilis. Penderita akan mendapati ruam pada wajah, kaki, telapak tangan, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Rambut alis dan kepala pun akan mengalami kerontokan.

Sekitar dua tahun kemudian, bakteri pun mulai merusak sistem darah, otak, dan saraf penderita. Pada kaum wanita, penyakit sifilis ini juga bisa menginfeksi janin yang sedang dikandungnya. Akibatnya janin pun akan terinfeksi dan menyebabkan cacat bawaan.

Penyakit sifilis dapat disembuhkan dengan melakukan pengobatan secepatnya ketika tanda-tanda pertama muncul. Sayangnya, tidak semua orang yang terjangkit sifilis menyadari bahwa mereka telah terinfeksi sehingga pengobatan pun terlambat dilakukan. Untuk itu, bagi orang-orang yang berisiko terinfeksi penyakit ini disarankan untuk memeriksakan diri secara berkala.

Beberapa obat yang diberikan kepada penderita sifilis antara lain dengan memberikan suntikan procaine penisilin atau dengan pemberian kapsul azithromycin.

Herpes Genital

Penyakit ini ditandai dengan rasa kesemutan, gatal, dan sakit pada hari ke-4 hingga hari ke-7 sesudah seseorang terinfeksi. Kemudian, muncul bercak-bercak yang berwarna kemerahan berukuran kecil dan lepuhan-lepuhan berukuran kecil yang memunculkan rasa nyeri. Bila lepuhan-lepuhan ini pecah maka akan terbentuk luka berukuran cukup besar.

Lepuhan-lepuhan dan luka juga bisa muncul pada alat kelamin pria atau wanita. Penyakit herpes genital ini disebabkan oleh virus jahat bernama herpes simpleks yang lagi-lagi disebarkan melalui hubungan seksual. Orang yang terinfeksi virus ini akan mengalami gangguan pada kulit dan orgam reproduksi.

Pada kaum wanita, virus ini bisa menyebabkan kanker rahim. Begitu mengerikannya akibat yang muncul bila terinfeksi virus ini, sayangnya hingga saat ini belum ada obat yang benar-benar dapat membunuh virus herpes simpleks.

Pengobatan yang dilakukan hanyalah untuk memperpendek masa serang virus, mengurangi kemungkinan penularan kepada orang lain, dan meringankan gejala awal yang muncul. Wanita hamil yang terinfeksi virus ini akan membuka peluang bagi janin untuk terinfeksi pula.

AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome)

Penyakit ini sudah sangat popular beberapa tahun terakhir. Kampanye untuk mengurangi jumlah penderita AIDS pun gencar dilakukan di berbagai belahan dunia. Apa penyebab penyakit ini? AIDS disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Ada dua jenis HIV yang dapat menginfeksi manusia, yaitu HIV-1 dan HIV-2. HIV-1 banyak ditemukan di Eropa, Asia, Afrika Selatan dan juga Afrika Tengah. Tubuh yang terinfeksi HIV dapat ditandai dengan tiga tanda utama, yaitu serangan diare lebih dari satu bulan, hilangnya 10% berat badan tanpa tahu sebabnya hanya dalam jangka waktu satu bulan, dan demam secara terus menerus.

Selain tiga tanda utama tersebut, masih ada lima gejala minor, yaitu pada kelenjar leher, selangkangan atau ketiak terjadi pembengkakan, batuk kering yang tidak kunjung sembuh, keadaan mirip cacar air yang tidak cepat sembuh, gatal-gatal di seluruh tubuh, munculnya ruam-ruam pada lidah, tenggorokan dan mulut.

Seseorang yang mengalami dua tanda utama tersebut dan ditambah dengan salah satu gejala minor hampir bisa dipastikan telah terinfeksi virus HIV. Infeksi tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak. Mengapa demikian? Sebab virus ini tidak hanya dapat tersebar melalui hubungan seksual dengan penderita AIDS, tetapi juga melalui suntikan atau transfusi darah dan penularan wanita hamil yang telah terinfeksi virus ini kepada janin dalam kandungannya.

Sama seperti penyakit herpes genital, pengobatan pada penderita AIDS hanya dapat dilakukan untuk mencegah virus berkembang dan memperlambat serangan penyakit. Beragam penemuan obat hingga saat ini telah membuat para penderita AIDS bisa bertahan hidup lebih lama meskipun penyakit ini belum dapat disembuhkan.

Keputihan (Fluor Albus)

Penyakit ini ditandai dengan keluarnya cairan yang bukan darah dari organ reproduksi wanita. Cairan tersebut memiliki ciri-ciri berwarna putih keruh dan ada pula yang berwarna kekuning-kuningan, mengeluarkan bau yang tidak sedap, bergumpal atau pekat, jumlahnya pun cukup banyak dan menimbulkan rasa gatal ada vagina.

Penyebab penyakit keputihan ini cukup beragam, mulai dari kelelahan yang luar biasa, kanker, parasit bernama Trichomonas Vaginalis hingga infeksi kencing nanah. Untuk itu agar dapat menentukan penyebab penyakit ini dengan tepat diperlukan pemeriksaan oleh dokter sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Sebenarnya sebagian besar kaum wanita pernah terjangkit penyakit ini. Sayangnya mereka menganggap hal ini sebagai suatu hal yang wajar-wajar saja. Padahal penyakit keputihan yang tidak diobati dengan baik akan menyebabkan peradangan pada vagina, saluran kemih dan panggul, memicu kemandulan, bayi lahir prematur, dan menjadi media terjangkitnya HIV.

Pencegahan Penyakit Sistem Reproduksi Manusia

Penyakit pada sistem reproduksi manusia tentu berkaitan dengan aktivitas reproduksi yang dilakukan oleh manusia. Walaupun tidak menutup kemungkinan, penyakit-penyakit sistem reproduksi manusia juga bisa tersebar melalui transfusi darah, suntik, dan penularan ibu kepada janinnya.

Nah, begitu mengerikannya akibat yang timbul akibat penyakit-penyakit sistem reproduksi manusia, alangkah bijaksana bila kita sendiri melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya infeksi penyakit sistem reproduksi. Terlebih pada orang-orang yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit-penyakit ini, langkah-langkah pencegahan harus dilakukan.

Ada beberapa langkah pencegahan infeksi sistem reproduksi pada manusia, antara lain sebagai berikut.

Menjaga kesetiaan kepada pasangan sehingga tidak melakukan hubungan seks bebas atau berganti-ganti pasangan.

Bagi mereka yang berisiko terkena penyakit ini, sebaiknya selalu memakai kondom ketika berhubungan seks.

Bagi mereka yang menyalahgunakan obat-obatan terlarang, sebaiknya menghentikan pemakaian jarum suntik secara bersama-sama.

Bagi para tenaga medis, pastikan memakai sarung tangan latek setiap kali melakukan kontak dengan cairan tubuh manusia dan hanya menggunakan jarum suntik untuk satu kali pemakaian saja.

Khusus untuk penyakit keputihan dapat dicegah dengan menjaga kebersihan organ reproduksi, menghindari penggunakan wewangian di organ reproduksi, menggunakan pakaian dalam berbahan katun agar organ reproduksi tidak lembab, dan menghindari pemakaian pakaian dalam yang terlalu ketat. Keputihan juga dapat disebabkan penularan penyakit seksual dari pasangan.

Nah, semoga ulasan singkat yang termuat lewat berita terkini tentang gangguan tau penyakit pada sistem reproduksi manusia ini menambah wawasan Anda sehingga dapat lebih waspada terhadap penyakit-penyakit yang dapat menyerang sistem reproduksi manusia. Selain itu, Anda juga harus melakukan langkah-langkah pencegahan agar tidak

terkena penyakit-penyakit ini. Ingat! Lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat.
Share it Please

Unknown

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI