Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Mawar

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Mawar merupakan info menarik seputar bunga mawar yang pada umunya mawar tersebut tumbuh dengan suhu yang memiliki iklim sedang. Akan tetapi, dari macam macam bunga mawar adalah hasil penyambungan serta dapat tumbuh pada beberapa daerah yang memiliki iklim subtropis dan tropis. Untuk itu, cara penanamannya juga tidak sulit. Berikut adalah cara menanaman bunga mawar serta merawat bunga mawar yang dapat dilakukan.

cara+menanam+dan+merawat+bunga+mawar

Pilihlah lokasi yang mendapat sinar matahari cukup selama 6 jam. Karena hal ini akan membuat bunga mawar secara terus menerus dapat menghasilkan bunga yang banyak. Selain itu perhatikan juga tanahnya. Bunga mawar tidak menyukai tanah becek atau dengan air yang tergenang. Apabila tanah terlalu liat, campur dengan pasirdan kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Lubangi tanah sedalam 50 cm dan isilah dengan tanah yang subur bersama pupuk khusus untuk mawar dengan perbandingan tanah : kompos : pasir adalah 1 : 1 : 1.

Perhatikan jarak antar tanaman mawar. Jaraknya berbeda bergantung dari jenis mawarnya. Untuk mawar penutup tanah, pada tiap tanaman beri jarak sejauh 30 cm. Kemudian beri jarak 1 m hingga 2 m untuk mawar pergola.

Siramlah mawar yang telah ditanam setiap hari menggunakan air yang sangat banyak. Tapi hanya pada tanahnya, jangan daunnya. Siram pada waktu pagi hari atau sore hari. Air juga sangat bagus untuk mawar pada saat musim berbuah. Akan tetapi, setelah mawar berusia 2 tahun, kurangi penyiraman menjadi sekali dalam 4 hari.

Cara Merawat Kembang Mawar

Setelah mawar ditanam kita juga harus memperhatikan perawatannya. Jangan sampai kembang mawar yang telah susah payah ditanam menjadi cepat layu atau berkembang dengan tidak sempurna. Kembang mawar ini sangat terkenal dengan bau harum dan kelopak bunganya yang sangat indah. Untuk itu, bunga mawar harus diberi minum dan makan dengan teratur.

Beri makanan dengan pupuk khusus yang digunakan untuk tanaman mawar, seperti pupuk organik khusus mawar. Akan tetapi, tanaman ini juga dapat diberi makan menggunakan humus atau pupuk kompos. Pupuk ini dapat dibuat dari kotoran ayam dan kotoran sapi yang telah kering.

Untuk wilayah di Indonesia, lakukan pemberian pupuk saat menjelang musim semu atau akhir musim hujan. Pemberian pupuk juga dilakukan setiap 2 bulan selama periode berbunga. Untuk air, beri sebanyak-banyaknya, sekali setiap hari dengan air melimpah ketika berbunga. Akan tetapi, setelah berbunga cukup sekali dalam 4 hari.

Jangan hanya memperhatikan kembang mawarnya, akan tetapi perhatikan pula tanah dan lingkungannya. Bersihkan tanamannya dari berbagai tanaman liar dan gulma . Kita dapat menggunakan teknik mulching, yaitu dengan menutup tanah yang berada di bawah pohon mawar menggunakan berbagai bahan organik. Carilah berbagai bahan organik di sekitar lingkungan kita, seperti cacahan dedauan atau kulit pohon, jerami, potongan rumput hingga potongan sayuran yang sudah tidak digunakan.

Fungsi dari teknik ini, selain untuk menjaga kelembapan tanah juga dapat menjaga tanaman dari pertumbuhan tanaman liar. Untuk negara di luar Indonesia, melakukan mulching pada tanaman ketika musim dingin akan membuat tanaman terlindungi dari hawa dingin dan terpaan salju.

Hati-hatilah dengan berbagai penyakit yang dapat menghampiri bunga mawar Anda. Karena mawar sangat rawan dengan hama berupa kutu daun. Hama ini sangat suka memakan kuncup bunga dan pucuk muda. Cara mengatasinya, selain secara langsung membunuh hama tersebut, Anda juga bisa melakukannya dengan menekan-nekan tubuhnya hingga mati, juga dapat menggunakan campuran minyak saur dengan air savon de marseille, yang merupakan jenis sabun organik.

Caranya sangat mudah, cukup dengan menyemprotkan cairan ini pada kutu, tapi jangan setiap hari, lakukan setiap tiga hari sekali, dan hanya disemprotkan pada kutu-kutu yang masih ada.

Selain kutu daun, bunga mawar dapat terkena penyakit serius seperti karat daun. Penyakit ini dapat mengakibatkan kerontokan daun yang disebabkan oleh cendawan Phragmidium mucronatum. Selain itu ada juga penyakit tepung Mildew akibat dari cendawan Sphaerotheca pannosa, serta timbulnya bercak-bercak hitam pada daun yang diakibatkan oleh cendawan Diplocarpon rosae. Tanaman ini juga sangat disukai oleh larva dengan jenis Lepidoptera sebagai makanan.

Untuk pengobatannya, tanaman mawar harus diberi makan secara rutin. Selain itu, agar tidak merambat, segera potong dedaunan yang terkena hama dan penyakit. Bakarlah kumpulan dari dedaunan tersebut. Selain itu, untuk pencegahan datangnya hama dan penyakit pada tanaman, seprotkan bagian daun dan batang menggunakan cairan preles dari bahan organik.

Pencegahan juga dapat dilakukan pada saat akan menanam bunga mawar ini. Untuk itu, pada saat akan ditanam, buatlah lubang yang sangat dalam dan tanaman harus ditanam pada tanah yang sangat subur.

Menanam mawar memang bukan pekerjaan mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan jika ingin mendapatkan bunga mawar yang sesuai dengan keinginan. Yaitu bunga mawar yang tumbuh subur dan harumnya semerbak ke sekitar-berita terkini.
Share it Please

Lamone To'i lamone

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI