Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Kegunaan Perencanaan Strategis Bagi Manajer

Kegunaan Perencanaan Strategis Bagi Manajer untuk sebuah perusahaan atau organisasi memiliki tujuan untuk menjadi lebih baik dan lebih besar dalam perkembangannya ke depan. Secara umum, perencanaan strategis dapat diartikan sebagai proses pengambilan keputusan strategis oleh sebuah perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan dari perencanaan yang telah direncanakan. Dalam hal ini, langkah strategi yang diambil dalam sebuah perencanaan strategis mengandalkan segala aspek yang ada di perusahaan atau organisasi tersebut, misalnya pemberdayaan sumber daya (modal dan man power atau SDM).

perencanaan-strategis

Dalam melakukan langkah strategis, dapat digunakan berbagai analisis bisnis. Analisis bisnis tersebut antara lain analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technology), dan STEER (Socio-cultral, Technoligical, Economic, Ecological, Regulotry). Langkah strategis yang biasa diambil ini biasanya untuk jangka waktu yang panjang, misalnya untuk jangka waktu 5-10 tahun.


Perencanaan Strategis Menurut Para Pakar

Definisi perencanaan strategis telah diungkapkan oleh banyak pakar. Menurut Kezner, perencanaan strategis adalah sebuah alat manajemen yang dipakai untuk mengelola kondisi saat ini menjadi lebih baik dan lebih maju pada masa yang akan datang.

Sementara itu, Brown menjelaskan bahwa untuk mencapai goal dari strategi yang telah diambil atau ditetapkan, seluruh pendukung perusahaan, mulai dari atasan hingga bawahan harus bekerja dalam sebuah system yang ada dalam perencanaan strategis.

Perencanaan strategis secara eksplisit berhubungan langsung dengan dengan manajemen perubahan. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil penelitian yang mengatakan bahwa strategic planning adalah suatu rangkaian proses yang mengedepankan inovasi untuk perubahan yang lebih baik. Jika perubahan tanpa diikuti dengan adanya inovasi, langkah strategis yang telah diambil bisa dikatakan gagal.

Dalam proses perencanaan strategis, menjalankan pengembangan program-program strategis akan mencapai cita-cita perusahaan secara efektif dan efisien. Dalam dunia usaha, analisis bisnis dengan mengembangkan perencanaan strategis mulai dikenal pada era 1950-an. Namun pada awalnya, sebagian besar perusahaan yang mengembangkan strategi perencanaan mengalami kegagalan.
Manfaat Perencanaan Strategis

Perencanaan untuk mengambil langkah strategis bukan tanpa tujuan. Perusahaan atau organisasi yang mengambil langkah strategis memiliki tujuan, yaitu goal positif untuk kemajuan perusahaan atau organisasi. Berikut ini manfaat dari pengambilan langkah strategis bagi perusahaan atau organisasi.

Memberikan kerangka kerja untuk mengembangkan anggaran tahunan perusahaan atau organisasi.

Sebagai pengembangan manajemen.

Sebagai mekanisme untuk memaksa atasan untuk memikirkan langkah jangka panjang perusahaan atau organisasi.

Sebagai alat untuk mensejajarkan manajer dengan langkah strategis jangka penjang perusahaan atau organisasi.

Berikut ini rincian dari manfaat perencanaan strategis yang telah dijelaskan secara garis besar di atas.
1. Kerangka Kerja untuk Pengembangan Anggaran

Suatu anggaran perusahaan membutuhkan komitmen sumber daya untuk tahun ke depannya. Oleh sebab itu, penting halnya untuk manajemen untuk membuat komitmen sumber daya agar menghasilkan ide yang jelas untuk langkah perusahaan ke depannya.

Suatu perencanaan strategis diharapkan menyediakan keranagka kerja yang lebih luas. Dengan demikian, manfaat langkah strategis perusahaan ini dapat memfasilitasi anggaran yang efektif.
2. Alat Pengembangan Manajemen

Perencanaan strategis pun bermanfaat sebagai alat dalam manajemen perusahaan. Sebagai alat manajemen dalam hal pendidikan dan pelatihan manajemen unggul, perencanaan langkah strategis diharapkan dapat melengkapi para manajer untuk mengembangkan pemikiran tentang strategi dan pelaksanaan dari strategi tersebut.

Dapat dikatakan bahwa proses dalam sebuah perencanaan strategis lebih penting daripada output yang dihasilkan perencanaan pengambilan langkah strategis.
3. Mekanisme Memaksa Manajeman Berpikir Jangka Panjang

Para manajer perusahaan cenderung mengalami kekhawatiran tentang masalah-masalah taktis dan pengelolaan urusan bisnis yang rutin dibandingkan dengan melakukan atau menciptakan terobosan untuk masa depan perusahaan. Proses pengambilan langkah strategis formal ini memaksa para manajer untuk meluangkan waktu dan kesempatannya agar memikirkan berbagai masalah jangka panjang.
4. Alat untuk Mensejajarkan Manajer dengan Strategi Perusahaan

Debat, diskusi, dan negosiasi yang terjadi dalam proses perencanaan strategis dapat menyatukan dan mensejajarkan kedudukan manajer dengan strategis tersebut. Pembuatan rencana strategis mengungkapkan bahwa segala macam keputusan yang bersifat individual tidak menciptakan suatu keseluruhan yang memuaskan.
Proses Perancanaan Strategis

Dalam sebuah perusahaan, periode operasi perusahaan dijalankan sesuai dengan tahun kalender. Proses pengambilan langkah strategis ini dilakukan sebelum pembuatan anggaran tahunan. Berikut ini langkah-langkah dalam perencanaan strategis.

Meninjau dan memperbaharui rencana strategis
Memutuskan asumsi dan pedoman
Iterasi Rencana strategis baru (I)
Analisis
Iterasi Rencana strategis baru (II) 6. Meninjau dan menyetujui

1. Menijau dan Memperbaharui Rencana Strategis dari Tahun Lalu

Selama satu tahun, keputusan yang mengubah rencana pengambilan langkah strategis dibuat. Manajemen dapat memutuskan kapan saja jika kebutuhan akan hal tersebut ada. Secara konsep, dampak dari keputusan jangka panjang tersebut sebaiknya dimasukkan dalam rencana pengambilan langkah strategis yang sifatanya segera setelah keputusan itu diambil.

Jika rencana pengambilan langkah strategis itu tidak dijalankan dengan baik, rencana tersebut tidak lagi mencerminkan langkah yang akan ditentukan atau langkah yang akan diamabil oleh perusahaan. Khususnya, rencana itu tidak mencerminkan dasar untuk menguji langkah strategis dan program yang dihasilkan dari perencanaan strategis tersebut.
2. Memutuskan Asumsi dan Pedoman

Rencana strategis yang telah diperbaharui, memasukkan berbagai asumsi luas, seperti pendapatan dari Produk Domestik Bruto (PDB), tarif tenaga kerja, tingkat suku bunga, harga jual, dan kondisi pasar. Asumsi-asumsi tersebut diperiksa kembali dan jika memungkinkan dapat diubah dengan memasukkan informasi paling terakhir.
3. Iterasi Rencana Strategis (I)

Dengan memakai asumsi, pedoman, dan tujuan tersebut, unit bisnis dan unit lainnya membuat desain awal dari langkah perencanaan strategis. Dalam rencana pengambilan langkah strategis ini memasukkan rencana operasi yang berbeda dengan rencana yang telah dijalankan sekarang ini, misalnya perubahan dalam strategi pemasaran.

Dalam perencanaan langkah strategis, staf bagian bisnis mayoritas melakukan pekerjaan yang bersifat analisis. Sementara itu, manajer bisnis melakukan pengambilan keputusan dalam strategi perencanaan.
4. Analisis

Ketika atasan atau kantor pusat (Head Office) menerima rencana yang diajukan unit bisnis, kantor pusat akan melakukan penyatuan menjadi suatu perencanaan langkah strategis secara keseluruhan. Dalam sebuah perusahaan, ada staf pemasaran dan perencanaan. Staf ini berfungsi sebagai bagian yang menganalisis secara mendalam dalam sebuah perencanaan strategis.

Unit bisnis yang merencanakan langkah strategis perusahaan ini, misalnya merencanakan strategi pemasaran baru. Dalam strategi pemasaran baru tersebut, akan memecahkan bagaimana caranya agar penjualan yang dihasilkan akan sebesar dengan hasil yang direncanakan dalam rencana strategis.
5. Iterasi Rencana Strategis (II)

Analisis dari perencanaan bisnis yang telah jalan pasti memerlukan revisi jika terjadi masalah dalam perencanaannya. Revisi perencanaan langkah strategis ini tidak hanya dalam satu unit bisnis saja, tapi juga bisa berdampak pada perubahan asumsi anggaran yang berakibat pada terpengaruhnya semua unit bisnis.

Itulah penjelasan mengenai perencanaan bisnis lewat berita terkini dalan perusahaan atau organisasi. Intinya, langkah strategis diambil perusahaan atau organisasi untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan.
Share it Please

11januari

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI