.

 

Contoh Beberapa Gambar Motif Batik dari Berbagai Daerah

Contoh Motif Batik dan Tips Memilih Batik Berdasarkan Gambar Motif Batik untuk sekarang ini banyak diminati dan di cari oleh para desainer maupun orang-orang yang ingin menjadikan model motif batik tersebut sebagai Model Baju Batik terbaru serta bahan konfeksi lainnya, padahal dalam menciptakan gambar motif batik terbaru, seorang pembuat batik terlebih dahulu melakukan perenungan yang mendalam dengn memperhatikan alam sekitarnya dan peristiwa perubahan alam. Berdasarkan perenungan inilah dapat tercipta motif pada batik mempunyai nilai filosofis yang mengajarkan tentang kehidupan.

Motif pada batik mempunyai nilai seni yang begitu tinggi, ketika seorang pembuat batik melukiskan cantingnya diatas kain, dia juga meletakan dasar kehidupan menurut sejarah latar belakang motif yang di buatnya.

Berdasarkan hal itu juga diajarkan pendidikan, kesabaran, ketekunan, dan rasa hormat. Pembuat batik juga meletakan doa pada lukisan gambar motif batik yang ditorehkan pada kain batik. Batik mempunyai motif yang bermacam-macam, antara lain sebagai berikut.

Motif Batik Rembang

motif-batik-rembang

Batik dari daerah kelahiran RA Kartini ini mempunyai motif yang bagus sehingga menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk ikut memakainya dan juga membeli batik hasil buatan daerah Rembang ini. Selain itu, batik ini lebih tepatnya dibuat di daerah Lasem. Batik ini mempunyai beberapa motif batik yang khusus, antara lain sebagai berikut.

Batik Lasem Sekarjagad. Batik yang dibuat mengunakan pewarnaan khusus dan mempunyai motif kuno tapi menarik. Batik ini mempunyai nilai yang tinggi karena hanya dibuat satu lembar permotif dan tidak ada lainnya.

Batik Lasem Bladakan Merah mempunyai motif berdasarkan kehidupan hewan, gambar motif batik yang dipakai, yaitu burung Hong merah darah.

Batik Lasem Bladakan Ungu mempunyai motif berdasarkan tetumbuhan, motif pada batik ini bergambar Bunga Latoh ungu.

Motif Batik Tegal

motif-batik-tegal

Motif batik ini mempunyai motif yang berwarna-warni dan dominasi warna yang dimiliki kebanyakan warna biru dan cokelat. Gambar motif pada batik Tegal ini tidak dimiliki daerah lain, motif ini diambil dari lingkungan sekitar. Motif yang terdapat pada batik daerah Tegal ini mendapat pengaruh dari Surakarta karena budaya batik yang dibawa oleh Sultan Surakarta bernama Sunan Amangkurat Mas.

Motif Batik Madura

motif-batik-madura

Motif batik ini mempunyai motif yang beraneragam berdasarkan keadaan hidup masyarakat Madura sehari-hari. warna yang dimiliki batik madura pada motifnya terlihat mencolok. Hal ini dikarenakan warna alami yang dipakai dalam pewarnaan batik yang dibuat. Selain itu, motif yang dimiliki batik Madura tidak terlepas dari keadaan alam sekitar selain kehidupan manusianya. Hal ini mempunyai nilai keunikan tersendiri yang tidak kalah dengan daerah lain.

Motif Batik Sidoarjo

batik-Sidoarjo

Motif batik di Sidoarjo ini mempunyai bermacam-macam motif yang menarik dan mendapat pengaruh dari daerah lain, seperti dari Madura. Motif yang dimiliki, antara lain motif ijo-ijoan, krubutan, dan motif hewan seperti burung Merak. Selain itu, masih banyak motif lain yang menarik.

Motif Batik Tuban

motif-batik-tuban

Motif batik dari daerah tuban mempunyai motif batik yang khas. Selain itu, pembuatan batik dari daerah Tuban ini juga mempunyai kekhasan tersendiri daripada daerah lain pada sistem pembuatannya, batik ini disebut batik Gedog. Menurut peneliti dari barat bahwa batik tuban mempunyai kemiripan dengan batik dari daerah Cirebon.

Persamaan antara batik Tuban dengan batik Cirebon ini bisa diliat dari cara pembuatan dan pencampuran warnanya. Baik itu batik Cirebon maupun batik dari Tuban dibuat dengan cara gulungan kapas dipintal jadi benang kemudian di tenun dulu, setelah selesai jadi kain kemudian di mulai proses pembatikan. Namun seiring perkembangan zaman, batik Cirebon mulai berubah, hanya batik Tuban yang tetap mempertahankan keistimewaan cara pembuatannya.

Motif Batik Banyuwangi

motif-batik-banyuwangi

Motif batik dari Banyuwangi ini mempunyai karakteristik istimewa karena sejarahnya. Pada kenyataannya, Banyuwangi ini merupakan salah satu penghasil batik asli di Nusantara. Hal ini dapat dibuktikan dengan terdapat hampir 21 jenis gambar motif batik yang dimiliki oleh Bumi Blambangan ini diakui di Nusantara.

Seperti motif batik dari daerah lain yang dipengaruhi oleh alam sekitarnya, batik dari daerah Banyuwangi ini inipun mengambil gaya motif menurut alam sekitarnya. Gambar motif batik Banyuwangi mengambarkan kekayaan pada alam sekitarnya, bentuk motif yang dimilikinya ini tidak ada didaerah lain karena merupakan motif khas dari Bumi Blambangan.

Motif Batik Mojokerto

motif-batik-mojokerto

Motif batik ini mempunyai sejarah yang sangat panjang. Motif batik pada daerah Mojokerta ada semenjak jaman Majapahit. Motif yang dimiliki daerah Mojokerto ini mempunyai keunikan tersendiri karen penyebutan nama yang asing. Motif batik Mojokerto juga mengambil pengambaran dari alam sekitarnya. Motif yang tergambar mempunyai warna yang sangat menarik, motif yang dimilikinya ini salah satu contohnya pring sedapur yang sudah dipatenkan.

Selain motif-motif pada batik tersebut masih banyak lagi motif-motif dari daerah lain yang tidak kalah menarik dan indah. Setiap daerah memiliki keunikan dan historis filosofi tersendiri. Selain itu, setiap daerah juga memiliki nilai yang tinggi dan merupakan khazanah harta warisan khas bangsa Indonesia yang harusa dijaga kelestariannya.

Tips Memilih Batik

Seperti kita ketahui bersama di berbagai daerah Indonesia banyak terdapat batik yang dijual dengan berbagai gambar motif batik yang menarik. Ada banyak corak dengan kualitas yang tidak kalah antara daerah satu dan daerah lainya. Untuk membeli dan memililh batik ini kita harus mengetahui berbagai jenis dari batik yang ada di Nusantara ini.

Pengetahuan tentang batik perlu sekali kita pelajari supaya tidak tertipu dalam menentukan pilihan batik yang bermutu dan mempunyai motif yang menarik. Ada banyak jenis batik berdasarkan pembuatannya, yaitu batik tulis, batik kombinasi antarcap dan tulis, batik cap, batik cabut, dan batik printing.

Untuk mengetahui perbedaan yang ada pada batik-batik itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain itu, untuk mengetahuinya kita harus mempunyai pengalaman di lapangan yang baik, tanpa pengalaman dan hanya sekadar pengetahuan tidak akan membuat kita menjadi ahli dalam menilai batik. Namun jika hanya sekadar mengetahui dan memilih batik mana yang sesuai keinginan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut.

Motif pada batik terkadang mempunyai kesamaan, tetapi untuk melihat bedanya kita harus memperhatikan bentuknya. Motif tulis terkadang mempunyai bentuk yang sama tetapi bentuk motif pada batik ini tidak mempunyai persamaan satu sama lain.

Motif pada gambar tidak mempunyai besar yang sama satu sama lain.

Motif pada batik tulis mempunyai bau yang khas karena mengunakan bahan-bahan alami ketika dilakukan penulisan batik pada kain.

Kain yang di pakai sebagai media batiknya lebih berat daripada kain sejenis.

Hal ini hanya sedikit informasi berita terkini cara memilih dan mengetahui batik tulis yang asli atau bukan.


 
 
 
Contoh Beberapa Gambar Motif Batik dari Berbagai Daerah - Berita Terkini

Berita Terkini
Rebuild by Blogger Kota Bima My Work Jasa Pembuatan Toko Online dan Website Thanks to Blogger.Com