.

 

Tips Memilih Cat Rumah | Mewarnai Rumah Yang Tepat Membuat Nyaman

mewarnai rumah.jpg
Mewarnai rumah yang tepat dengan kombinasi warna cat rumah membuat rumah tampil lebih menarik tepatnya untuk memiliki rumah yang indah dan nyaman tentunya idaman setiap orang. Faktor-faktor lain yang berkaitan dengan memilih warna cat serta tips mewarnai rumah adalah dilihat dari fungsi ruangan untuk paduan warna cat rumah , karakter pengguna ruangan misalnya , untuk warna rumah minimalis,warna cat kamar tidur, bentuk ruangan, dan tinggi ruangan.Dalam menghasilkan warna warni terbaik untuk model rumah . Setelah mewarnai rumah akan terasa keindahan dan kenyamanannya jika pemilihan cat rumahnya tepat.

Jenis Cat

Untuk bisa memilih variasi warna cat rumah  yang tepat, Anda perlu mengetahui jenis cat yang ada di pasaran. Secara umum, cat terdiri dari dua jenis:

1. Cat dengan bahan dasar air.

Biasanya cat dengan bahan dasar air digunakan untuk interior rumah.

2. Cat dengan bahan dasar minyak.

Biasanya cat dengan bahan dasar minyak digunakan untuk kayu / tiang.

Sesuaikan Cat

Pilihlah jenis cat yang tepat agar Anda tak selalu harus merogoh kocek untuk mengecat ulang rumah anda. Interior rumah yang sering terkena air seperti tempat mencuci piring atau dapur dekat kompor biasanya dilindungi dengan keramik. Namun sebagai alternatif, Anda bisa mengaplikasikan cat berbahan dasar minyak agar mudah dibersihkan dari cipratan air ataupun minyak bekas gorengan.

Pemilihan jenis cat dinding luar rumah juga penting. Untuk taman gunakan cat yang bisa melindungi tembok Anda dari cuaca dan rembesan air. Memang harganya sedikit mahal, namun hasilnya cat tembok tidak cepat mengelupas dan warnanya pun awet.

Pemilihan Warna

Jika anda ingin mengecat rumah Anda, pilih warna yang pas untuk tiap ruangan seperti :

• Kamar tidur

Warna lembut seperti hijau, krem, biru dan warna-warna pastel cocok untuk ruang kamar tidur.

• Ruang tamu

Anda dapat gunakan warna netral seperti krem, hijau, putih. Padu padankan warna cat juga bisa dilakukan, misalnya satu sisi warna hijau, satu sisi putih, kemudian sisi lain krem.

• Dapur

Gunakan warna yang terang agar dapur terlihat bersih dan nyaman untuk memasak

• Kamar mandi

Gunakan warna yang sesuai dengan keramik dalam kamar mandi agar terlihat cantik

• Ruang belajar / Ruang bermain

Anda dapat memilih warna terang seperti kuning, biru, orange, untuk menambah semangat belajar

• Gudang

Disarankan untuk memilih warna terang agar gudang yang biasanya menjadi tempat yang terlupakan juga terlihat rapi

• Taman

Gunakan warna biru terang atau hijau untuk memberi kesan luas dan teduh untuk taman Anda


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan cat rumah agar terlihat harmonis antara lain :

1. Ukuran Ruang

Jika ruang Anda sempit, hindari warna-warna gelap karena akan menimbulkan kesan semakin sempit dan menekan. Gunakan warna-warna terang untuk menimbulkan kesan luas. Ruangan kecil akan kelihatan besar dengan warna muda pada dinding dan warna netral untuk furnitur.

2. Lokasi Bangunan

Ruangan di rumah yang berlokasi di daerah tropis akan lebih menawan dengan warna sejuk atau netral. Anda bisa memilih warna cat rumah seperti hijau, biru, atau ungu untuk membangun perasaan sejuk.

3. Lokasi Ruangan

Ruangan yang menghadap utara, barat laut atau barat daya cenderung mendapatkan sinar matahari tak langsung. Oleh karena itu, ruangan ini sebaiknya menggunakan cat rumah warna hangat, seperti kuning, coklat, atau peach.

Untuk ruangan yang banyak menerima sinar matahari, gunakan warna-warna sejuk, seperti hijau, biru, abu-abu, atau lavender.

4. Tipe Ruang

Kamar tidur orang dewasa bisa menggunakan warna yang nyaman, kalem, dan tenang supaya kondusif untuk tidur. Namun untuk kamar anak bisa dipilih warna yang bisa menstimulasi imaginasi, yaitu warna-warna cerah.

5. Tinggi Ruang

Warna putih pada plafon akan menambah kesan tinggi, sementara warna gelap pada plafon akan memberi kesan ruangan lebih pendek.

6. Bahan Cat Rumah

Perhatikan apakah ada kandungan zat yang berbahaya, tidak mengandung timbal (lead) dan merkuri,serta memiliki kadar senyawa organik yang mudah menguap yang rendah (low VOC/volatile organic compound) dan di beri label hijau cat yang baik.

Sebaiknya Anda memilih cat yang mengandung 100% acrylic dan yang paling ramah lingkungan (environmentally friendly). Ia juga mudah di aplikasikan dan mudah di bersihkan, bahkan idealnya tidak sampai meninggalkan bau cat selama dan sesudah pengecatan.

7. Carilah material cat rumah yang berkualitas

Pilihlah warna yang menciptakan harmoni dengan keseluruhan, warna furniture, lantai atau karpet. Pergantian warna dari satu ruang ke ruang lain sebaiknya mengalir, hindari perubahan warna yang sangat kontras dari satu ruang ke ruang lain.

8. Pakailah tukang yang ahli dalam mengecat

Perhatikan kerapian dalam mengecat: khususnya bagian tepi ruang, sambungan dengan list plafon atau lantai. Semakin rapi bagian ini, semakin rapi ruangan Anda.

9. Jika menggunakan beberapa warna cat rumah

bedakan dalam jumlah atau kuantitas pemakaiannya. Biarkan satu warna sebagai warna dominan, dan jadikan yang lainnya sebagai aksen atau warna pendukung. Misalnya: wana hijau digunakan secara dominan, ditambah sedikit warna violet atau koral akan lebih menarik dibandingkan jika ketiga warna tersebut digunakan dalam jumlah atau kuantitas yang sama.

Sumber: anneahira.com


 
 
 
Tips Memilih Cat Rumah | Mewarnai Rumah Yang Tepat Membuat Nyaman - Berita Terkini

Berita Terkini
Rebuild by Blogger Kota Bima My Work Jasa Pembuatan Toko Online dan Website Thanks to Blogger.Com