.

 

Macam Jenis Hewan Langka

Dari berbagai jenis hewan yang ada berdasarkan habitatnya masing-masing memiliki jenis dan keunikan tersendiri. Semua hewan itu dianggap langka karena memiliki ciri khas yang unik dan populasinya tidak terlalu banyak

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui jenis dari macam-macam hewan langka apa saja yang ditemukan oleh peneliti yang menemukan beberapa spesies yang benar-benar langka dan belum pernah ditemukan sebelumnya

Gambar jenis hewan langka.JPG

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis hewan langka yang mungkinsebagian dari kita belum mengetahui ataupun melihatnya.

Kucing Emas

Kucing emas merupakan salah satu hewan jenis  kucing yang misterius, karena sangat sulit untuk dijumpai. Bahkan, sampai saat ini hanya ada sediki informasi terkait kucing emas tersebut. Pola hidup kucing emas juga belum diketahui secara jelas.

Bulu kucing jenis ini berwarna pirang coklat muda dan juga hitam. Pada bagian kepala dan bagian bawah ekornya terdapat garis putih yang bisa dilihat dengan mudah.

Kucing Emas-jenis hewan langka.jpg

Pada 1996, melalui photo trapping, untuk pertama kalinya berhasil terpotret seekor kucing emas yang berwarna hitam pekat. Hewan langka satu ini bisa ditemukan mulai dari dataran rendah dampai dengan ketinggian 2.000 m dari permukaan laut. Hidupnya tidak bersosialisasi, seperti jenis kucing lainnya. Umumnya kucing emas bergerak di daratan.

Red wolf

Jenis Serigala yang satu ini termasuk salah satu jenis hewan langka yang sudah sulit ditemukan. Warna bulu dari serigala ini tentu saja tidak merah, namun cokelat muda dan terlihat terang, berbeda dengan bulu serigala kebanyakan yang rata-rata berwarna abu-abu kehitaman atau cokelat gelap.

Red+wolf-jenis hewan langka.jpg

Dulu, serigala merah ini menyebar di tengara Amerika Serikat. Tapi, populasi serigala merah kini semakin hari semakin menurun. Penurunan ini terjadi setelah adanya program kontrol predator dan hilangnya habitat serigala merah.

Saat ini diperkirakan hanya tinggal 100 serigala merah yang masih tersisa di alam liar Caroline Utara. Kemudian ada 150 serigala merah lainnya yang menjadi penghuni penangkaran di seluruh AS.

Lobster biru

Jenis hewan langka yang satu ini memang berwarna biru, ditemukan oleh Bill Marconi yang sehari-hari menjadi nelayan sekaligus berbisnis lobster. Bill Marconi tidak pernah mengira dia akan menemukan hewan langka seperti ini. Justru, Bill Marconi sempat berpikir bahwa hasil tangkapannya itu adalah botol kaleng minuman soda, tapi setelah jaring ikan di tarik ternyata itu adalah seekor lobster berwarna biru.

Lobster biru-jenis hewan langka.jpg

Menurut para peneliti, lobster ini memang langka, kemungkinan adanya lobster biru ini hanya 1 dibanding 5 juta lobster. Warna biru di kulit lobster tersebut disebabkan adanya pencampuran antara zat antioksidan dengan pigmen berwarna merah.

Pigmen warna merah tersebut berasal dari tumbuhan alga. Mungkin juga, kulit biru lobster tersebut termasuk dalam kategori cacat genetik. Cacat genetik ini disebabkan karena kulit memproduksi protein lebih dari biasanya, sehingga memengaruhi pigmentasi.

Kura mata-mata

Kura-kura memang bukan hewan yang asing di telinga kita, namun bagaimana dengan kura mata-mata? Disebut demikian karena ia memiliki tubuh yang bisa berkamuflase dengan alam.

Ciri khasnya adalah bentuk tubuhnya yang unik, mulai dari kepala sampai tempurungnya yang hampir menyerupai daun kering. Kepalanya pipih dan kasar, tempurungnya juga kasar dan berwarna cokelat kehitaman.

Kura mata-mata-jenis hewan langka.jpg

Jenis kura-kura satu ini hidup di dasar sungai atau danau dangkal di antara akar-akar tumbuhan. Tentu saja, hewan yang dimangsanya adalah binatang air juga.

Kura mata-mata yang baru menetas biasanya berwarna lebih cerah dan terlihat kekuningan, seperti halnya daun tropis. Jenis kura-kura ini, panjangnya bisa mencapai 60 cm. Tapi biasanya, untuk ukuran kura mata-mata dewasa, antara 40 hingga 50 cm. Umur maksimal mata-mata tidak diketahui. Tapi berdasarkan beberapa dokumentasi yang ada menunjukkan, mata-mata bisa hidup antara 40 sampai dengan 75 tahun.

Katak Ungu

Katak berwarna hijau pasti sudah biasa, tapi kalau katak ungu tentunya masih asing kita lihat. Katak yang satu ini memang masih dalam daftar hewan langka di dunia. Uniknya, katak ini juga memiliki moncong hidung yang kecil, karena itu katak yang ditemukan di India pada tahun 2003 ini sering disebut katak hidung.

Awalnya, katak ungu diberi nama family sendiri, yaitu Nasikabatrachidae. Namun, kemudian dikategorikan dalam family Sooglossidae. Family Sooglossidae adalah kelompok katak yang ditemukan di Pulau Seychelles

Katak Ungu-jenis hewan langka.jpg

Diperkirakan, katak jenis ini berevolusi sekitar 130 juta tahun yang lalu, sebelum daratan besar Gondwana terpecah belah. Konon India pada jutaan tahun yang lalu sempat bergabung dengan Seychelles sebelum akhirnya berpisah.

Katak ungu lebih suka bersembunyi di bawah tanah dan keluar ketika musim hujan tiba. Ketika musim hujan, katak ungu memanfaatkan waktu untuk kawin. Setelah itu, katak ungu akan kembali menghilang.

Katak jenis ini mempunyai panjang sekitar 7 cm, dari mulai moncong sampai dengan bagian paling belakang. Ternyata katak ungu bukan hanya memiliki keunikan dari warna tubuh, melainkan juga suaranya. Katak ungu bisa mengeluarkan suara yang mirip seperti suara ayam.

Blobfish

Ternyata, bukan hanya manusia yang bisa bersedih, melainkan ikan juga bisa bermuram durja. Ikan yang bersedih tersebut tidak lain adalah ikan langka bernama Blobfish. Spesies tersebut memiliki ekspresi wajah sedih dan mempunyai hidung besar di antara kedua matanya.

Dalam bahasa latin, ikan jenis ini dikenal dengan nama “Psychrolutes mardicus”. Blobfish mendiami perairan lepas pantai Tasmani dan Australia. Ikan jenis ini termasuk dalam kategori ikan laut dalam. Hal ini dikarenakan, habitat blobfish tidak dapat diakses, sehingga manusia sangat sulit untuk melihat ikan ini.

Blobfish-jenis hewan langka.jpg

Ikan berwarna putih pucat ini ditemukan melayang-layang di permukaan air. Tubuhnya terlihat sangat lunak dan tidak bersisik seperti ikan-ikan kebanyakan.

Blobfish memiliki kemampuan untuk bertahan hidup pada kedalaman laut. Pada kedalaman laut, tekanannya berpuluh-puluh kali lebih tinggi dibandingkan permukaan laut. Hal ini dikarenakan, blobfish memiliki struktur tubuh yang sebagian besar menyerupai agar-agar (gelatin).

Ubur-ubur Unik

Ubur-ubur langka ini belum memiliki nama, ia ditemukan oleh peneliti bernama Lisa Gershwin di perairan Australia. Ubur-ubur ini masuk kategori unik dan langka karena memiliki perbedaan dengan ubur-ubur pada umumnya.

Ubur-ubur Unik-jenis hewan langka.jpg

Biasanya, ubur-ubur bisa mengeluarkan cahaya sendiri dari dalam tubuhnya, namun ubur-ubur yang ditemukan oleh Lisa ini tidak mengeluarkan cahaya, melainkan memantulkan sinar yang menerpa tubuhnya sehingga tampak terang.

Kuda Laut Walea

Kuda Laut Walea-jenis hewan langka.jpg

Salah satu jenis hewan langka ternyata berasal dari Indonesia. Nama kuda laut ini pun diambil dari nama sebuah pulau di Sulawesi. Kuda laut yang berwarna kecokelatan ini hanya sepanjang 2,5 cm. Kuda laut walea merupakan hewan terkecil diantara hewan vertebrata (bertulang belakang) lainnya.

Laba-laba Madagascar

Afrika adalah salah satu benua yang memiliki beragam spesies hewan. Salah satu jenis hewan langka yang sangat unik juga ditemukan di sini. Laba-laba yang memang ditemukan di Madagascar ini memiliki keunikan pada bentuk sarangnya.

Laba-laba Madagascar-jenis hewan langka.jpg

Sarang dari laba-laba ini sangatlah besar dan lebar, bisa mencapai 1 meter lebih, padahal ukuran laba-laba ini tergolong kecil. Betinanya berukuran sekitar 10 cm, sedangnya pejantan hanya berukuran 2,5 cm.

Benang laba-laba Madagascar ini diukur, memiliki daya kekuatan sebesar 520 MJ/m^3. Bahkan, benang laba-laba Madagaskar dianggap lebih kuat dibandingkan material Kevlar.

Demikian info berita terkini seputar macam-macam jenis hewan langka dan unik yang mudah-mudahan bisa bermanfaat serta menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita seputar flora dan fauna.


 
 
 
Macam Jenis Hewan Langka - Berita Terkini

Berita Terkini
Rebuild by Blogger Kota Bima My Work Jasa Pembuatan Toko Online dan Website Thanks to Blogger.Com