Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Selain beberapa hal yang telah disebutkan mengenai bulan ramadhan, bulan suci ini memiliki banyak keistimewaan dibanding bulan-bulan lain karena banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan ini. Berikut adalah beberapa keistimewaan bulan ramadhan yang merupakan bulan suci ini.

Pertama, pada bulan suci ini Al Quran diturunkan yang sering disebut peristiwa Nuzulul Quran. Tidak mengherankan kalau selama bulan suci ini, begitu banyak orang berusaha untuk mengkhatamkan bacaannya bagaimanapun sibuknya ia dengan urusan dunianya.

Tidak jarang banyak juga instansi yang mengurangi waktu bekarja bagi para karyawannya untuk memberikan sedikit keleluasaan bagi karyawan-karyawannya dalam menyambut ramadhan itu dengan menikmati indahnya beribadah di bulan nan suci. Dengan berpuasa memang kadang mempengaruhi kegiatan. Apalagi kalau kegiatan itu terkait dengan energi yang dibutuhkan. Namun, bagi orang-orang beriman, kegiatan mereka selama bulan suci ini tak harus berkurang. Malah kegiatan itu semakin bertambah. Semua itu tentunya tidak mengurangi makna puasa bahkan puasa bukan satu halangan untuk terus berkarya.

keistimewaan bulan ramadhan.jpg
Ramadhan adalah satu-satunya bulan yang disebutkan dalam Al quran pada surat Al-Baqarah ayat 185. Inilah bukti betapa istimewanya bulan nan suci ini. Puasa itu untuk Allah Swt. Tidak ada satu orang pun yang tahu apakah seseorang itu berpuasa dengan benar atau tidak. Hanya Allah Swt yang mengetahui apakah seseorang itu benar-benar berpuasa dengan baik atau tidak. Oleh karena itulah, puasa ini memang untuk Allah Swt. Berpura-pura puasa itu sangat mudah dilakukan. Tidak harus menjadi dewasa dahulu untuk mampu berpura-pura puasa. Anak kecil saja sangat mudah menipu orang lain.

Rasululah SAW memenangi Perang Badar pada bulan ini dan terjadinya peristiwa penaklukkan Mekah atau Fath Mekah. Selain itu, ada satu malam di bulan suci ini yang lebih baik dari seribu bulan atau kurang lebih 83 tahun yang dinamai Lailatul Qadar. Setiap orang yang tahu tentang keutamaan malam ini, pasti akan beribadah sebaik mungkin dan sebanyak mungkin karena tidak ada yang bisa menjamin apakah tahun depan ia akan bisa bertemu dengan malam nan dahsyat itu atau tidak.

Sesuatu yang sangat menguntungkan ketika bisa beribadah dan menabung pahala pada malam seribu bulan itu. Berbagai cara dilakukan orang untuk bisa mendapatkan malam yang sangat menguntungkan itu.

Belum tentu bisa hidup hingga 83 tahun dalam keadaan sehat dan tetap dalam keimanan yang tinggi. Sedangkan ibadah pada malam itu dihadiahi seperti ibadah selama 83 tahun. Betapa beruntungnya orang-orang yang bisa mendapatkannya. Alalh Swt maha adil. Malam seribu malam itu tersembunyi di antara malam-malam terakhir sehingga semua umat Islam berusaha melakukan ibadah sebaik mungkin pada malam-malam terakhir itu.

Mereka meninggalkan semua kenikmatan dunia demi mendapatkan pahala berlimpah itu. Bukankah anak dan dunia itu adalah cobaan. Bila waktu masih tersisa maka masih bisa bersama dengan anak-anak dan istri tetapi kalau waktu hidup tak bersisa, betapa ruginya tak mendapatkan Lailut Qadar itu.

Pada bulan ramadhan ini terjadi perintah diwajibkannya puasa yang tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 183. Pengangkatan Muhammad sebagai rasul Allah juga terjadi pada bulan ini. Bulan yang dilimpahi pahala sangat tinggi merupakan bulan ketika pintu surga terbuka dan tertutupnya pintu neraka meskipun hal ini hanya bermakna kiasan atau tidak sebenarnya.

Seseorang yang penuh kesungguhan dan ikhlas menjalani puasa akan diberikan pengampunan atas segala dosanya. Indahnya dan nikmatnya beribadah di bulan suci ini sangat dinantikan oelh semua orang, Hanya orang-orang yang tak ada iman di hatinya yang tak merasakan keindahan dan kenikmatan rasa lapar dan dahaga serta kenikmatan beribadah lebih banyak daripada biasanya.

Demikian apa yang termuat kedalam berita terkini seputar informasi yang menarik dari beberapa keistimewaan bulan Ramadhan yang patut kita ketahui dan kita amalkan. Inilah yang perlu direnugi, memasuki bulan suci ramadhan, ternyata masih banyak orang-orang yang mengaku islam, akan tetapi mereka masih suka menodai agamanya sendiri, bahkan menodai kesucian bulan sacral ramadhan. Semoga bermanfaat!
Share it Please

Unknown

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI