Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Langkah-Langkah Merawat Bayi 0 -12 Bulan

Ada beberapa hal ataupun Langkah-Langkah Merawat Bayi 0 -12 Bulan yang memang harus diikuti oleh orangtua ketika membesarkan anaknya. Tidak bisa hanya mengandalkan perasaan dan naluri. Belajar lebih penting daripada harus coba-coba. Masa kecil dan masa bayi ini tidak akan terulang lagi. Kalau ada kesalahan fatal yang dilakukan oleh orangtua, tentu saja hal ini sangat berpengaruh kepada kehidupan anak berikutnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat bayi 0 12 bulan:

tip-cara-merawat-bayi

Cara menggendong

Untuk bayi yang belum bisa menegakkan kepalanya (kira-kira 0-3 bulan), Anda belum boleh mengambilnya dengan 2 tangan Anda di bawah kedua ketiaknya dan menggendongnya dengan posisi tegak. Angkat lebih dulu tangan kanannya dengan tangan kanan Anda, kemudian selipkan tangan kiri Anda di bawah lehernya. Kemudian selipkan tangan kanan Anda ke bawah pantat kiri bayi. Barulah Anda boleh mengangkatnya dan menggendongnya dengan posisi terbaring, kepala lebih tinggi. Kalau langsung menggendongnya dengan cara mengangkat ketiaknya, kepala bayi akan terkulai dan ada hentakan ke belakang. Kepala bayi harus dijaga dengan sangat hati-hati.

Otaknya masih belum berkembang dan tengkorak lehernya belum mampu menopang kepalanya. Berilah pengertian kepada siapapun yang akan menggendong bayi terutama kakak sang bayi yang masih berusia masih sangat muda. Jangan sampai ada kesalahan pada pertumbuhan tulang leher hanya karena salah gendong ketika ia masih bayi.

Merawat kulit dan rambut bayi

Kulit dan rambut bayi begitu lembut dan sensitif. Pilihlah produk perawatan kulit dan rambut bayi yang tidak hanya wangi tapi juga menjaga kelembapan dan kelembutannya. Minyak telon adalah salah satu produk untuk kulit bayi. Saat ini tersedia juga minyak telon yang mengandung sereh yang berfungsi untuk menolak gigitan nyamuk. Untuk bayi 0-12 bulan, Anda sebaiknya tidak menggunakannya karena bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi.

Untuk rambut bayi, Anda boleh mencucinya setiap kali mandi. Jika bayi digigit nyamuk, oleskan segera minyak telon. Setelah kering, olesi kembali. Setelah 20-40 menit, kulit bayi akan bebas dari gatal dan bentol. Rawat juga kulit wajah bayi dengan mengoleskan baby cream sehabis mandi. Kalau tidak terlalu puas dengan keadaan rambut sang bayi, jangan berikan perawatan apa-apa dahulu. Nanti kalau sang bayi telah berusia 2 tahun dan ia telah bisa memprotes ketika ada yang tidak disenanginya, barulah berikan perawatan semisal dengan mengoleskan lidah buaya agar rambutnya indah dan hitam.

Asupan

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Berikan ASI eksklusif (ASI dan hanya ASI) untuk bayi usia 0-6 bulan. Setelah 6 bulan, berikan MP-ASI (makanan pendamping ASI). MP-ASI untuk bayi 6-8 bulan biasanya terdiri dari 1 atau 2 jenis bahan yang dilumatkan dengan ASI. Sedangkan untuk usia 8-12 bulan, tekstur makanan boleh dibuat lebih kasar untuk melatih pencernaannya.

Stimulasi

Amat penting bagi bayi 0-12 bulan mendapatkan stimulasi yang tepat untuk kelima inderanya. Kerincingan misalnya, baik untuk menstimulasi pendengarannya, namun jangan dibunyikan terlalu keras. Gerakkan perlahan ke kiri dan kanan, perhatikan apakah wajah bayi mengikuti arah ke mana kerincingan digerakkan. Mulai usia 9 bulan, bayi belajar berdiri. Awasi terus bayi Anda, jaga dari bahaya, tapi jangan batasi usahanya belajar berdiri dan berjalan.

Stimulasi ini juga akan membuat bayi senang dan akan mempengaruhi perkembangan otaknya. Kepandaian bayi akan meningkat dan seiring dengan meningkatnya kepandaian bayi, maka ia membutuhkan rangsangan lain yang lebih menantang. Tantangan itu akan membuat bayi berpikir. Semakin banyak stimulasi yang diberikan akan membuat bayi semakin cerdas. Asalkan stimulasi itu tidak membahayakan perkembangan fisik dan mental bayi.

Toilet training

Untuk toilet training yang baik, gunakanlah popok kain sejak bayi lahir. Memang Anda akan repot pada awalnya, namun bayi Anda akan cepat bisa menggunakan toilet. Pada umur 6 bulan, setelah bayi mulai mendapatkan MP-ASI di samping ASI, kotorannya akan mulai mengeras. Mulailah menggunakan pispot khusus bayi. Jika bayi akan BAB, isi dahulu pispot dengan air, lalu bantu bayi Anda duduk di atas pispot. Setelah bayi bisa duduk, yaitu kira-kira umur 8 bulan, mulailah menggunakan ring toilet.

Ini adalah mulut toilet berukuran kecil sesuai dengan pantat bayi, yang bisa langsung ditumpangkan ke toilet Anda. Setiap bayi akan BAB, bawalah ke kamar mandi dan dudukkan ia di atas toilet dengan ring tadi. Sejak bayi bisa duduk ini, Anda sudah bisa melatihnya pipis di toilet. Perhatikanlah pola pipis anak Anda, misalnya setelah bangun tidur, kemudian setiap 1 jam atau 1,5 jam. Ajaklah ia ke kamar mandi setiap mendekati waktu-waktu pipis tersebut. Dengan adanya latihan ini, ia bisa mulai menahan keinginannya sebelum bertemu dengan toilet

Bayi berusia 0-12 bulan perlu perawatan ekstra hati-hati, apalagi bayi dengan kebutuhan khusus seperti kulit sensitif atau menderita penyakit tertentu. Namun demikian merawat bayi 0 12 juga akan menjadi momen indah dan menambah keterikatan batin antara sang ibu dan bayinya. Bila semuanya dilakukan dengan tidak berlebihan, maka akan menjadikan suatu keindahan tersendiri baik bagi sang ibu maupun bayinya. Kalau bisa ada yang membantu terutama ketika sang ibu sibuk dengan pekerjaannya atau ada anak lain yang harus diurusi, hal ini pasti akan lebih meringankan beban sang ibu. Seorang bayi itu bisa memanipulasi ibu dan orang-orang di sekitarnya.-berita terkini.


Share it Please

Lamone To'i lamone

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI