Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Tips Belanja Online

Tips Belanja Online berikut ini yang kami lengkapi dengan kelebihan dan kekurangan berbelanja online. Saat ini, banyak sekali toko online yang menawarkan berbagai produk untuk orang-orang sibuk seperti mereka. Namun, ini bukan berarti berbelanja di toko online hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang sibuk saja. Siapa pun Anda, berbelanja online tidak ada salahnya jika dilakukan secara benar. Melalui berita terkini untuk Tips Belanja Online Ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan sebelum melaksanakan pembelian lewat internet, berikut 5 tips belanja online yang dapat kita ikuti antara lain:


tips-belanja-online.jpg
1. Cari Tahu Identitas Penjual

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek identitas penjual. Di sini, Anda tidak perlu meminta kartu tanda pengenal penjual, seperti KTP atau SIM.

Yang Anda butuhkan adalah informasi identitas penjual di dunia maya, seperti alamat situs/blog, facebook, twitter, YM, dan yang tidak kalah penting adalah nomor telepon yang bisa dihubungi.

Selain itu, Anda bisa melakukan pengecekan melalui mesin pencari. Jika beruntung, Anda bisa menemukan review dari pelanggan lain yang pernah bertransaksi dengan toko online tersebut sehingga Anda bisa mengambil simpulan sendiri setelah membacanya.

2. Bandingkan Harga

Berbelanja di depan komputer bukan berarti kita tidak bisa leluasa memilih seperti ketika kita berbelanja di toko atau mall. Tenang, toko online sekarang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya sehingga kita bisa membandingkan harga satu toko dengan toko lainnya.

Pilihlah harga yang sepantasnya, bila menemukan barang dengan harga jauh dari harga pasaran sebaiknya menghindari membeli barang tesebut. Karena memiliki resiko tinggi yang akan merugikan pembeli, resiko pertama adalah penipuan. Barang jauh dari harga pasaran akan nampak ganjil, walaupun nanti barangnya tersedia biasanya sudah rusak atau tidak layak untuk dipakai.

3. Berkomunikasi dengan Penjual

Jangan langsung terburu-buru mentransfer uang tanpa melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada penjualnya. Lakukan komunikasi, baik melalui chatting, komentar, SMS, atau telepon mengenai produk yang akan Anda beli.

Dari komunikasi tersebut, selain bisa mengetahui informasi produk secara lengkap, sebagai ajang untuk mengetahui seberapa care penjual kepada pelanggan. Penjual yang baik akan melayani calon konsumennya secara baik dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan kita secara jelas.

4. Kesepakatan

Jangan lupakan poin yang satu ini jika sudah melirik produk yang ingin Anda beli. Periksa dan baca secara saksama aturan yang biasanya diberikan penjual, seperti jaminan kualitas barang, ukuran barang, cara pengiriman, dan sebagainya. Cari tahu juga bagaimana jika barang itu tidak sesuai dengan yang diiklankan. Apakah ada garansi atau tidak?

Semua ini dilakukan demi kebaikan antara penjual dan pembeli sehingga tidak ada yang dijadikan kambing hitam jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari.

5. Simpan Bukti Pembayaran

Setelah setuju untuk membeli barang, tentunya Anda akan segera mentransfer sejumlah uang kepada penjual. Setelah melakukan transfer, jangan lupa menyimpan bukti pembayaran Anda. Kemudian, beritahu kepada penjual bahwa Anda sudah mentransfer kepadanya. Ini dilakukan agar barang pesanan segera dikirim ke alamat Anda.

Agar transaksi berjalan aman maka kita membutuhkan pihak ketiga untuk mengawasi bila ada penipuan, pihak ini umumnya disebut sebagai rekening bersama. Ya, dengan rekening bersama ini kita akan melakukan pembelian online dengan sangat aman. Karena uang akan disimpan terlebih dahulu oleh rekening bersama, selanjutnya menunggu konfirmasi dari pembeli apakah barang sudah datang atau sesuai kriteria. Bila konfirmasi pembeli sudah dikirim maka uang akan dikirimkan ke penjual.
Kelebihan Berbelanja Online

Setiap produk hasil dari kemajuan teknologi menghadirkan kepraktisan bagi penggunanya, berikut ini sejumlah kelebihan dalam melaksanakan transaksi online:

1. Praktis

Tidak dipungkiri lagi bahwa berbelanja online menyajikan kepraktisan bagi para pembeli dan penjualnya sekaligus. Dengan beberapa klik dan ketik maka barang yang ingin dipesan akan tiba di rumah dalam hitungan beberapa hari bahkan hitungan jam. Sungguh kehadiran internet membuat kita enggan untuk pergi ke swalayan untuk membeli barang-barang keperluan.

Selain kepraktisan dalam hal pembelian, berbelanja di internet juga praktis di dalam segi pembayaran. Bila membeli di toko sebenarnya kita harus membawa uang dan dompet, tentu bila barangnya mahal maka uang yang dibawa akan bertambah banyak. Dari internet kita cuma memerlukan akun bank online semisal Klik BCA atau tabungan Mandiri online di Indonesia, terserah kita mau memiih mana yang dijadikan pilihan.

2. Cepat

Cepat disini diartikan proses transaksi yang hanya berlangsung sekian detik maupun menit. Di internet barang-barang yang dijual biasanya sudah ditentukan harganya sehingga proses tawar menawar jarang terjadi, walaupun kadangkala ada juga yang melelang barangnya di internet sehingga tawar-menawar harga sudah kepastian.

Berbelanja lewat dunia langsung maka kita perlu bepergian ke luar rumah, pergi ke supermarket atau tempat penjualan yang lainnya. Bepergian ke luar rumah tentunya menghabiskan banyak waktu, jarak antara rumah dan tempat jualan tentu memakan banyak waktu. Belum lagi biaya bensin dan parkir yang akan ditanggung oleh kita yang akan beli di dunia nyata. Ceoat dan murah bukan?

3. Pilihan banyak

Selain cepat dan murah, berbelanja di internet menjanjikan banyak pilihan untuk satu barang yang akan kita beli. Hitung saja berapa toko online yang ada di Indonesia, jumlah website jual beli, dan forum jual beli yang ada. Tentunya angka yang diperoleh sangat banyak, dan sudah barang tentu maka produk yang ditawarkan berjumlah tidak sedikit.

Misalnya saja kita membeli batik, maka kita ketik di Google.com kata kuci “toko batik” atau “jual batik”. Hasil pencarian dari search engine tersebut akan memunculkan ratusan hingga juataan website yang menyediakan layanan jual beli batik. Tinggal mana yang akan kita kunjungi, atau kunjungi beberapa website untuk membandingkan kualitas dan harga.

4. Privasi pembeli

Privasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi para pembeli produk yang bersifat pribadi. Seorang yang membeli barang bersifat pribadi akan malu-malu membeli di tempat yang terbuka semisal swalayan. Tapi di internet kita akan dengan enak membeli barang-barang tersebut karena identitas pembeli hanya diketahui oleh para penjual atau pemilik website saja.

Maka tidak mengherankan sekarang ini jualan di internet dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh para produsen barang-barang pribadi. Contohnya obat kuat, pakaian seksi wanita, dan barang-barang lainnya. Tapi bagi para pembaca jangan pernah menggunakan fasilitas internet untuk membeli barang yang diharamkan oleh agama.

5. Hemat tenaga

Mondar mandir di swalayan atau supermarket sangat menghabiskan tenaga, apalagi bagi para pria yang mendampingi istrinya. Belanja hanya kegiatan para wanita, ya itulah anekdot sampai sekarang di bayangan para masyarakat. Tetapi kehadiran internet saat ini malah membuat para pia gandrung berbelanja. Karena tidak perlu kelelahan jalan kaki seperti belanja langsung, dengan menggeser mouse saja kita sudah pindah toko di internet.
Kekurangan Berbelanja Online

Walaupun berbelanja di internet mempunyai kelebihan yang banyak, namun juga memiliki beberapa kekurangan. Yang pertama adalah keamanan dalam bertransaksi, seringkali orang tertipu lewat jual beli di internet. Tetapi ada cara untuk mengatasi kekurangan ini, yakni memastikan bahwa penjual di internet benar-benar dapat dipercaya.

Selain itu kita harus dapat memastikan langsung penjual dengan mendatanginya di dunia nyata, umumnya cara ini dipakai bila barang yang dijadikan transaksi adalah barang malah semisal mobil, sepeda motor, ataupun laptop.

Itulah beberapa tips belanja online yang bisa Anda lakukan saat berbelanja pakaian atau baju di internet. Selamat berbelanja!
Share it Please

Lamone To'i lamone

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Poskan Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI