Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Konsep Rumah Minimalis

Rumah minimalis, info Konsep Rumah Minimalis, dalam model bangunan sebuah konsep rumah yang sederhana dan dalam artikel mengenai rumah minimalis ini, dari berita terkini rumah minimalis mengenai tips desain konsep rumah minimalis 1 lantai yang begitu digemari untuk ditempati karena tidak membutuhkan tanah yang begitu luas dan kebutuhan interior yang minimalis pula. Penekanan konsep rumah minimalis terletak pada penempatan ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi.

rumah minimalis type 4502.jpg

Seperti kita ketahui, ketiga ruangan tersebut merupakan unsur penting yang harus dirancang tepat dalam sebuah rumah minimalis 1 lantai.
Rancangan rumah minimalis yang nyaman ditinggali, setidaknya memiliki tiga kamar tidur, satu ruang keluarga, dan dua kamar mandi. Ruangan penting lainnya adalah satu ruang makan, satu dapur, dan satu garasi motor serta penambahan model taman minimalis di bagian depan rumah.
Interior Rumah Minimalis 1 Lantai

Gaya rumah minimalis 1 lantai bukan hanya persoalan harga tanah yang mahal karena lahan sempit yang ditawarkan oleh para pengembang bisnis properti. Paham minimalis yang dianut oleh pemiliknya dapat menjadi cikal bakal dibangunnya rumah minimalis 1 lantai. Konsepnya, mengedepankan sisi praktis tanpa mengorbankan sisi estetika yang mampu memancarkan nuansa keindahan tidak kalah dengan model rumah-rumah klasik maupun modern.

Pemilihan perlengkapan interior sangat menunjang tercapainya tujuan pembuatan model rumah minimalis. Dibutuhkan teknik-teknik tertentu agar ruangan terlihat hangat dan bersahabat. Ada empat faktor yang dapat dijadikan acuan dalam memilih perabotan utama dan perabotan tambahan yang tepat untuk desain rumah minimalis 1 lantai.

Pertama, gunakan perabotan sesuai dengan ukuran ruangan agar tidak terlihat penuh. Perabotan berukuran kecil dan berdesain sederhana cocok untuk ruangan minimalis. Dekorasi yang tepat akan memberi aksen yang luas terhadap ukuran ruangan.

Selain itu, perabotan yang dipilih diletakkan sesuai keperluannya. Minimnya jumlah perlengkapan mampu menguatkan konsep rumah minimalis yang diciptakan. Misalnya foto yang diberi frame, sebaiknya tidak terlalu banyak dipajang di dinding, cukup satu atau dua berukuran sedang.

Kedua, perlengkapan lebih didominasi dari bahan kaca berpadu logam alumunium dan besi tempa. Keuntungannya ialah bentuk dari produk bahan tesebut terlihat lebih sederhana sesuai dengan luas interior bangunan. Hal lain yang menjadi penting yaitu dari segi perawatan relatif mudah. Contoh penerapannya, pada kusen pintu dan jendela, menggunakan bahan alumunium lebih presisi dengan warna gelap.

Ketiga, dilihat dari segi desain perlengkapan, yang digunakan lebih cenderung yang sedikit atau bahkan tanpa ornamen sekalipun. Minimnya ornamen memberi kesan lega dan luas pada sebuah ruangan. Tidak kalah penting lagi ialah perawatan yang tidak terlalu sulit.

Keempat, corak perlengkapan utama dan perlengkapan tambahan interior rumah 1 lantai juga menjadi pertimbangan serius. Sebaiknya Anda menghadirkan nuansa yang berdekatan pada saat mengganti dan menambah perlengkapan baru. Penambahan perabot yang memiliki corak bunga-bunga atau warna-warni yang terlalu ramai justru mengaburkan konsep rumah minimalis 1 lantai.

rumah minimalis.JPG

Desain Ruang Tamu Rumah Minimalis 1 Lantai

Anda tidak mungkin menolak kehadiran tamu di rumah Anda. Kerabat, keluarga, dan teman-teman Anda pasti suatu saat akan mampir meskipun sekadar untuk mengobrol sebentar. Maka, Anda harus membuat para tamu merasa nyaman dan santai saat berkunjung ke rumah Anda dengan tampilan ruang tamu yang menarik.

Langkah awal yang perlu Anda persiapkan ialah merencanakan rancangan ruang tamu rumah minimalis 1 lantai. Menetapkan tujuan utama ruang tamu terletak pada fungsinya. Ruang tamu dapat difungsikan secara tunggal atau dikolaborasikan dengan ruang keluarga.

Ruang tamu dengan fungsi ganda termasuk ruang keluarga harus dibagi menjadi dua area. Diperlukan pemisah atau penyekat agar menjaga aspek kenyamanan kedua fungsinya. Perabot penyekat sebaiknya memiliki ukuran sesuai dengan luas area yang ada dan tidak mempersempit akses jalan di dalam rumah.

Ruang keluarga biasanya untuk aktivitas membaca atau menonton televisi bersama keluarga. Memasang perangkat elektronik yang canggih dapat menciptakan model interior minimalis. Seperti penggunaan TV layar datar yang tipis dan menambahkan perangkat audio semakin menguatkan sisi minimalis dalam ruangan.

Referensi membuat rancangan ruang tamu dari rumah minimalis 1 lantai dapat diperoleh dari foto-foto yang ada di majalah arsitektur dan informasi lain dari internet. Sebagai keuntungan tambahan, akan diperoleh informasi seputar tren desain ruang tamu yang sedang berkembang.

Hal yang tidak boleh dilupakan ialah rencana desain sesuai kepribadian Anda. Sungguh tidak berguna apabila ruang tamu dirancang sangat baik, tapi Anda tidak merasa nyaman berlama-lama di dalamnya.

Pemikiran terperinci lain meliputi aspek pewarnaan ruang tamu rumah minimalis 1 lantai. Menurut banyak perancang interior, rumah minimalis lebih cocok menggunakan warna terang dan netral. Hal ini akan mempermudah dalam membuat perpaduan dengan perlengkapan utama dan perlengkapan tambahan.

Selain itu, warna langit-langit juga memengaruhi persepsi keluasan ruang tamu. Langit-langit sebaiknya menggunakan warna terang. Sekali lagi, perpaduan dengan perlengkapan tambahan seperti lampu gantung yang berwarna dan bertekstur agak rumit.
Taman Rumah Minimalis 1 Lantai

Kehadiran sebuah taman di depan rumah minimalis akan membantu mengurangi bahkan menghilangkan kesan kaku dari rumah minimalis Anda meskipun lahan yang dapat dijadikan taman hanya berkisar empat sampai lima meter persegi. Kecermatan dalam menempatkan tanaman dan perabot secara optimal menjadi daya tarik tersendiri.

Keuntungan yang dapat diperoleh dari adanya taman di depan rumah minimalis adalah adanya suplai oksigen untuk penghuninya. Sebuah rumah minimalis tidak banyak mendapat pasokan oksigen yang mencukupi. Oleh karena itu, kebutuhan oksigen setiap harinya dapat terpenuhi dari proses fotosintesis tanaman hijau.

Sumber lain yang dapat diandalkan untuk menghasilkan oksigen dapat diperoleh dari unsur air. Maka, konsep taman yang dibangun di depan rumah minimalis dapat dengan menghadirkan kolam air. Menambahkan perabot tambahan pancuran atau air terjun mini merupakan keputusan yang tepat.
Warna Rumah Minimalis 1 Lantai

Memilih warna merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan tidak terlalu sulit. Kadang, ada satu warna yang terlihat terang, tapi tampak gelap pada sisi ruangan lainnya. Kesalahan kecil akan merusakkan harmonisasi yang seharusnya terbentuk antara satu ruangan dengan ruangan lainnya.

Meskipun bentuk bangunan menjadi dasar pemilihan warna, peranan penghuni rumah sangat menentukan warna rumah. Pemilik rumah yang menggunakan warna berkilau ingin menunjukkan semangat tinggi yang ada di dalamnya. Sementara, warna pastel menandakan bahwa penghuni rumah ingin menciptakan rasa tenang dan damai untuk seisi rumahnya.

Mengecat dinding ruangan menggunakan dua warna yang dipadukan dapat menghilangkan kesan monoton. Warna cerah dan terang seperti putih dengan biru muda menjadi pilihan pertama. Sementara, warna hijau muda atau merah muda merupakan pilihan berikutnya.

Sentuhan warna di bagian teras rumah dapat dikolaborasikan antara warna cerah dengan penambahan batu alam. Saat ini, pilihan batu alam sangat bervariasi sesuai dengan keinginan Anda. Pilihlah batu alam yang berwarna lembut dan memiliki kontur berkarakter kuat.

Sebenarnya, pemilihan warna tidak hanya didominasi oleh warna terang dan cerah untuk seluruh bagian rumah minimalis Anda. Mencoba warna turunan yang menjadi kesukaan anak-anak dapat diterapkan mewakili kesan personal yang ingin Anda ciptakan dalam rumah minimalis. Kamar tidur menjadi area yang cocok dengan penambahan perabot dan pencahayaan yang tepat tanpa menghilangkan sisi minimalisnya.

Pada ruang dapur juga dapat diterapkan warna turunan yang disesuaikan dengan warna favorit istri Anda. Warna turunan hijau, oranye, dan merah dapat memunculkan kesan segar dan bersih di dalamnya, tanpa melupakan juga faktor keselarasan dengan warna ruangan lain.

Menyediakan waktu yang banyak untuk merancang rumah minimalis 1 lantai adalah tindakan bijak. Sewalah jasa perancang rumah baik interior maupun eksterior agar memperingan pekerjaan Anda. Lebih penting lagi, investasi besar untuk menciptakan hunian yang nyaman akan terbayar lunas dengan kepuasan Anda.
Share it Please

Lamone To'i lamone

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Poskan Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI