Announcement:

Free Blogger Cafe's Template will be Available Soon for Download

Contoh Isi Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan bukanlah perkara yang mudah, namun juga tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dari kaidah penulisan surat lamaran kerja bisa Anda jadikan pedoman ketika akan membuat surat lamaran pekerjaan, maka dari itu perlunya untuk melihat kembali Hal-Hal Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja. Contoh surat lamaran pekerjaan dari berbagai sumber juga bisa Anda jadikan rujukan. Anda bisa mendapatkannya melalui buku-buku pedoman penulisan surat lamaran pekerjaan, jika sudah menemukannya jadikan pedoman tersebut sebagai Contoh Konsep Surat Lamaran Kerja.

Isi Surat Lamaran Kerja Yang Benar.jpg


Dalam Bahasa Indonesia terdapat dua jenis surat, yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Surat resmi adalah surat yang ditujukan kepada instansi atau lembaga tertentu yang ditulis dalam bahasa baku.

Contohnya: surat niaga, surat dinas, dan surat lamaran kerja. Sedangkan surat tidak resmi adalah surat yang bersifat pribadi dan menggunakan bahasa yang tidak baku. Contohnya: surat pribadi yang ditujukan kepada orang tua atau sahabat.

Surat resmi biasanya dibuat sudah ada pakemnya sendiri. Seperti surat dinas misalnya, ada kop surat yang terdiri atas nama pengirim surat, yaitu instansi tertentu, nomor surat, perihal, dan tanggal. Lalu ditujukan kepada siapa dan isi suratnya sendiri.

Sama halnya seperti surat lamaran kerja. Kebanyakan dari para pelamar kerja hanya mengetahui kondisi luar sebuah perusahaan yang ditujunya. Oleh sebab itu, biasanya surat lamaran kerja yang dikirimkan memiliki draft dan isi yang kurang lebih sama.

Surat lamaran kerja terdiri atas:

Tanggal kirim surat.

Kepala surat, ditujukan kepada, berisi nama dan alamat perusahaan.

Pembuka surat, berisi salam hormat dan pengenalan diri secara singkat, serta dari mana mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut.

Isi surat, berisi maksud pengiriman surat, untuk posisi apa dan berisi pula Anda lulusan mana dan pengalaman kerja bila ada.

Penutup surat, berisi lampiran yang disertakan seperti salinan ijazah, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, sertifikat-sertifikat, dan pas foto terbaru. Juga salam penutup dan ucapan terima kasih.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Jakarta, 27 Oktober 2010

Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia
PT CB Indoloka
Area Komersil Cilandak
Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima akan dibutuhkannya beberapa tenaga ahli untuk dapat mengisi posisi staff accounting, saya tertarik untuk bergabung di perusahaan ini.

Saya telah menyelesaikan kuliah di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia beberapa bulan lalu. Usia saya 22 tahun, belum menikah dan memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik. Saya mampu berbahasa Inggris aktif dan mengoperasikan komputer, dapat bekerja secara individu maupun dalam tim, bertanggungjawab dan loyal terhadap pekerjaan saya. Meskipun saya seorang fresh gradute, saya berusaha untuk menjadi staf ahli seperti yang perusahaan kehendaki. Saya juga tipikal orang yang mau terus belajar demi peningkatan kualitas kerja saya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan data diri, salinan ijazah terakhir dan sertifikat kursus, serta pas foto terakhir. Atas perhatian Bapak atau Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Aris Munandar, SE.
Share it Please

11januari

I'm Ahsan,. I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2010.If you need help, feel free to contact anytime! Google and Twitter

0 comments:

Posting Komentar

Copyright @ 2014 Berita Terkini. Designed by BLOGGER CHILI